Sinergitas Jelang Pelaporan Penilaian Kriteria KKP HAM, Kanwil Kemenkumham Jateng Bekerjasama Biro Hukum Setda Provinsi Lakukan Pendampingan Pengumpulan Data Dukung KKP HAM di Kabupaten Brebes

Bagikan

Brebes, ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah melalui Bidang HAM yang diwakili oleh Kepala Subbidang Pemajuan HAM, Moh. Hawary Dahlan beserta Jajaran bekerjasama dengan Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah lakukan pendampingan kabupaten/kota peduli HAM di Kantor Bupati Brebes Lt.5 Command Center Kabupaten Brebes, Jumat (23/02).

Kegiatan diadakan di Gedung Command Center Kantor Bupati Brebes berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 22-23 Februari 2024 melibatkan Bagian Hukum dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari 12 (dua belas) Kabupaten/Kota yaitu Kab. Semarang, Kab. Pekalongan, Kota Semarang, Kab. Batang, Kota Pekalongan, Kab. Kendal pada hari pertama, dan Kab. Demak, Kab. Tegal, Kota Tegal, Kab. Boyolali, Kab. Sukoharjo, Kab. Karanganyar pada hari kedua.

Tujuan kegiatan ini untuk memeriksa kelengkapan data dukung yang terdiri dari 120 Indikator meliputi hak sipil dan politik dan hak ekonomi sosial dan budaya sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Kriteria Daerah Kabupaten/kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Kegiatan desk pengumpulan data dukung KKP HAM kabupaten/Kota ini untuk mempermudah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait dalam melengkapi dan melakukan perbaikan data dukung serta mencari solusi untuk mengatasi kendala teknis sebelum di input ke dalam aplikasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Kegiatan Pemeriksaan data dukung ini berjalan dari pagi hingga sore menjelang petang yang terbagi dalam dua sesi sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Dari adanya kegiatan ini diharapkan seluruh kabupaten/kota yang ada di jawa tengah mendapatkan predikat kabupaten/kota peduli HAM tahun ini.

Skip to content