Tim Pengaduan HAM Laksanakan Rapat dan Audiensi dengan Warga Kota Payakumbuh terkait Kasus Kandang Puyuh

Bagikan

Audiensi dilaksanakan di Kantor Lurah Kapalo Koto Ampangan Kenagarian Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh dipimpin oleh Kepala Bidang Hak Asasi Manusia (18/8). Kegiatan ini dilaksanakan melalui rapat dengan Kepala Lurah Kota Ampangan beserta warga Koto Ampangan terkait berita viral mengenai adanya kandang puyuh yang mengganggu ketentraman warga sekitar yang awalnya masuk ke aplikasi Sipkumham Kemenkumham Kanwil Sumbar pada bulan Juli 2023.

Tim Pengaduan HAM juga melakukan tinjauan langsung ke lapangan dan didapat beberapa fakta antara lain tim menemukan bau tidak sedap dan lalat yang bertebangan di sekitar rumah warga yang disebabkan oleh adanya kandang puyuh di area permukiman warga ini mengganggu ketentraman warga sekitar. Pemerintah daerah harus bertindak tegas atas kegaduhan yang ditimbulkan dari adanya kandang puyuh di permukiman warga yang menimbulkan ketidak tentraman warga sekitar. Pemerintah daerah harus mengambil suatu keputusan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dilakukan oleh warga sekitar.

Diharapkan Pemerintah Kota Payakumbuh agar segera menyelesaikan proses mediasi antara pemilik kandang dengan masyarakat sekitar kandang untuk kepastian hukum dan sebagai bukti negara turut hadir dalam penghormatan, perlindungan, penegakan, pemenuhan dan pemajuan HAM. (LE)

Skip to content