Sukseskan Peringatan Hari HAM Sedunia Ke-74, Kanwil Bengkulu Gelar Penyuluhan Hak Asasi Manusia Serentak Di 4 UPT Pemasyarakatan

Bagikan

Bengkulu, ham.go.id – Berpusat di Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu, acara Penyuluhan Hukum Serentak di 4 UPT Pemasyarakatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Erfan) didampingi Kepala Divisi Administrasi (Johan Manurung), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Ika A. Kurniawati), Kepala Divisi Keimigrasian (Ganda Samosir), Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu (Murdo Danang Laksono), dan Kepala Lapas Perempuan Bengkulu (Gayatri R. Rilowati) selaku tuan rumah. Pembukaan kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh Kepala UPT beserta jajarannya pada Lapas Bengkulu, LPKA Kelas II Bengkulu dan Rutan Kelas IIB Bengkulu pada Selasa, (06/12/2022).

10 Desember merupakan Peringatan Hari HAM yang dirayakan oleh seluruh negara di dunia. Pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, diadakan penyuluhan HAM secara serentak di 4 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yaitu pada Lapas Kelas IIA Bengkulu, Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu, LPKA Kelas II Bengkulu dan Rutan Kelas IIB Bengkulu, dengan mengusung tema “Wujudkan Pemajuan HAM Untuk Setiap Orang”.

Dalam sambutannya, Kakanwil meminta agar petugas dan WBP berperan aktif dalam penyuluhan nanti, “Tanyakan sedetail mungkin apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban HAM, manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin agar dalam melaksanakan pembinaan, petugas tidak melanggar HAM dan WBP juga mengetahui apa saja hak-hak yang dapat ia peroleh sebagai WBP”. Ujar Kakanwil

Dalam kesempatan ini juga, para WBP menampilkan yel-yel peringatan hari HAM dengan penuh semangat dan sukacita. Kegiatan dilanjutkan dengan Penyuluhan Hak Asasi Manusia oleh Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Bengkulu (Fajri Alamsyah), (Edi Maison), (Maharudin). Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

HARI_HAM_DI_RUTAN_1.jpgHARI_HAM_DI_RUTAN_2.jpgHARI_HAM_DI_RUTAN_3.jpg

Pelaksanaan Penyuluhan Hak Asasi Manusia pada Rutan Kelas IIB Bengkulu disampaikan oleh Tim Penyuluh Hukum yang terdiri dari Zabidin, Edi Oktaviar, Yulisa Trisna, dan Fitri Yulia yang mensosialisasikan Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022. Hadir dalam kegiatan ini Kasubsi Pelayanan Tahanan (Medi Ihwandi).

HAM_DI_LPKA_BENGKULKU_1.jpgHAM_DI_LPKA_BENGKULKU_3.jpgHAM_DI_LPKA_BENGKULKU_2.jpg

Sedangkan di LPKA Kelas II Bengkulu, kegiatan penyuluhan disampaikan oleh tim penyuluh hukum yang terdiri dari Yulian Haidir, Novita Asti Kartika Rini dan Yudhi Irawan. Hadir juga Kasubbid Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Radi Meydiansyah). Sekitar 30 orang andik LPKA Bengkulu mengikuti acara dengan tekun dan tertib. Tema yang dibahas adalah mengenai pengenalan HAM secara umum, konsep dasar HAM dan Hak Anak serta pengenalan Undang-undang tentang HAM. Kepala LPKA Kelas II Bengkulu (Ahmad Junaidi) beserta jajaran juga mengikuti langsung kegiatan yang digelar di Aula LPKA Bengkulu.

WhatsApp Image 2022 12 06 at 12.54.45 2WhatsApp Image 2022 12 06 at 12.54.45 2WhatsApp Image 2022 12 06 at 12.54.45 2

Sementara itu pada Lapas Kelas IIA Bengkulu, Penyuluhan Hak Asasi Manusia disosialisasikan materi mengenai hak-hak yang diterima WBP yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Permenkumham 7 Tahun 2022 disampaikan oleh Tim Penyuluh Hukum yang terdiri Abdul Hamid, Letri Sukarni, dan Maman Wiraatmadja. Kegiatan juga dihadiri oleh Kasubbid Pemajuan HAM (Basori). Ka. Lapas Kelas IIA Bengkulu (Ade Kusmanto) juga memberikan arahan dan motivasi kepada WBP agar mengikuti kegiatan dengan baik dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan, serta menyemarakkan hari HAM Sedunia yang ke-74. Para WBP antusias mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dalam sesi tanya jawab.

Seluruh rangkaian kegiatan di 4 UPT Pemasyarakatan ini berjalan dengan lancar dan kondusif. Semoga dengan adanya Penyuluhan Hak Asasi Manusia serentak ini dapat memberikan pemahaman kepada para Warga Binaan dan Anak didik Pemasyarakatan mengenai Hak Asasi Manusia. (Humas All Star/Ed.AF)

7f13210e2b86d016612d1ec94d6c60b5e4a8b942.jpg4d50a07f1a1a88de07a256ea5fc1060366e3bffb.jpg5f3b369dcbc01f0dfca304e2e2438db81aa523f0.jpg

 

Skip to content