Berfokus Pada Metode Analisis Data, Pembahasan Profil Pembangunan HAM Kembali Digelar

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Pembahasan Profil Pembangunan HAM kembali bergulir. Direktur Fasilitasi dan Informasi HAM, Darsyad, memimpin berjalannya agenda yang digelar di ruang rapat utama, Senin (24/7). Rapat berfokus kepada pembahasan metode analisis data.

Dalam sambutannya, Darsyad menyatakan bahwa profil pembangunan HAM akan menjadi prioritas nasional pada tahun mendatang. “ Profil pembangunan HAM akan memotret Hasil pembangunan HAM dan permasalahan HAM baik dilihat dari provinsi, maupun kabupaten sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pemangku kepentingan dalam melanjutkan atau membuat kebijakan terkait HAM,” ujar Darsyad.

Namun pada tahun ini, profil pembangunan HAM akan melakukan uji coba dengan menggunakan data dari KKPHAM. Terdapat tiga hak yang akan dianalisis pada tahun ini. Adapun hak-hak tersebut di antaranya: hak pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup yang layak.

“Tahun 2023 adalah tahun uji coba profil pembangunan HAM dengan memanfaatkan resources yang sudah tersedia yaitu data dari KKPHAM,” jelas Analis Kebijakan Ahli Madya Ruth Marshinta yang turut serta terlibat dalam penyusunan.

Dalam pembahasan kali ini, panitia menghadirkan dua narasumber yaitu M. Hafiz dari Centra Initiative dan Fahmi Muhammad Ahmadi akademisi dari UIN Jakarta. Menurut Hafiz, Profil Pembangunan HAM harus merujuk pada prinsip-prinsip HAM , utamanya yang diakui secara global. Sementara itu, Ahmadi memandang bahwa perlu adanya kejelian dalam melakukan analisis terhadap data yang kini tersedia untuk dioleh oleh tim profil pembangunan HAM.

Skip to content