Layanan Komunikasi dan Pengaduan HAM
Layanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) adalah kegiatan pelayanan komunikasi masyarakat Kementerian Hukum dan HAM yang menangani masalah pengaduan masyarakat terhadap indikasi terjadinya suatu pelanggaran HAM. Yankomas memberikan layanan terhadap masyarakat tentang adanya permasalahan hak asasi manusia yang dikomunikasikan maupun yang tidak atau belum dikomunikasikan. Masyarakat dapat menyampaikan komunikasi melalui aplikasi Sistem Informasi Yankomas HAM (SIMASHAM) yang berbasis jaringan internet.
Akses Melalui: SIMASHAM ↗️
Dasar Hukum: Permenkumham No. 23 Tahun 2022 ↗️
Tanpa Biaya
Jangka waktu beragam, mohon lihat prosedur.
Layanan Advokasi dan Penilaian Risiko Bisnis dan HAM
Penilaian Risiko Bisnis dan HAM (PRISMA) adalah sebuah aplikasi berbasis website yang dibuat oleh Direktorat Jenderal HAM Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk membantu perusahaan menilai dampak potensial atau risiko pelanggaran HAM yang disebabkan oleh kegiatan bisnis. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab perusahaan terhadap HAM dalam praktik bisnisnya.
Akses Melalui: Aplikasi PRISMA ↗️
Tanpa Biaya
- Registrasi : 10 Menit
- Permintaan username dan akses aplikasi : 2 hari
- Pengisian aplikasi PRISMA : Sesuai kebutuhan perusahaan
- Nilai dan Skor langsung didapat setelah mengisi 13 indikator terpenuhi
Pustaka HAM Indonesia Digital
Perpustakaan HAM Indonesia Digital merupakan aplikasi layanan dari Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia yang menyediakan bahan literasi Hak Asasi Manusia (HAM) berkualitas yang dapat dimanfaatkan oleh siapa pun.
Akses Melalui: Pustaka HAM Indonesia Digital ↗️
Tanpa Biaya
- Registrasi : 15 Menit
- Peminjaman Buku 7 Hari dan dapat diperpanjang 7 hari
Terkait
Layanan Informasi HAM
Layanan Informasi HAM adalah platform yang menyediakan akses cepat dan akurat terhadap informasi terkait Hak Asasi Manusia (HAM). Melalui sumber daya yang kaya dan terpercaya, layanan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip HAM dan isu-isu yang berkaitan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan advokasi dalam mewujudkan HAM di berbagai sektor kehidupan.
Layanan Narasumber
Layanan Narasumber Direktorat Jenderal HAM adalah sebuah platform yang menyediakan akses kepada para narasumber ahli di bidang Penghormatan, Pelindungan, Pemenuhan, Penegakkan, dan Pemajuan HAM (P5HAM) dari Direktorat Jenderal HAM. Narasumber ini merupakan individu yang berkompeten dan berpengalaman dalam isu-isu terkait P5HAM, siap memberikan pandangan, penjelasan, dan perspektif mendalam tentang kebijakan dan tantangan yang berkaitan. Mereka juga memberikan saran dan rekomendasi yang relevan untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi P5HAM di berbagai konteks nasional maupun internasional.
Tanpa Biaya
- Surat Permohonan narasumber : 15 Menit
- Surat koordinasi : 2 hari
- Penyusunan Materi : 3 hari
- Pelaksanaan Kegiatan : 1 hari