Kanwil Kemenkumham Jateng Lakukan Pendampingan Pengumpulan Data Dukuyng KKP HAM di Bagian Hukum Setda Kabupaten Malang

Bagikan

Pemalang, portal.ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah diwakili oleh Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Moh. Hawary Dahlan beserta jajaran lakukan koordinasi dengan Bagian Hukum Setda Kabupaten Pemalang terkait Pemenuhan Data Dukung KKPHAM tahun 2024, di Setda Kabupaten Pemalang, Senin (13/05).

Tim Bidang HAM disambut hangat oleh Kepala Bagian Hukum, Arief Rachman Hakim beserta jajaran.

Membuka pertemuan Arief Rachman Hakim yang biasa di panggil Arra menyampaikan “terima kasih atas kunjungan dari tim Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jateng yang berkenan mengunjungi bagian hukum guna silaturahmi dan pendampingan pengumpulan data dukung KKPHAM tahun ini, kami sudah menyampaikan pelaporan data dukung KKPHAM dan Aksi HAM B04 sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 202 Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia dan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021-2025”. Ungkapnya.

Arra menambahkan “Kekurangan personil dan anggaran masih menjadi kendala yang dialami, selain itu juga koordinasi dan ketersediaan data yg tidak sesuai dari OPD terkait” tegasnya.

Dalam Kesempatan tersebut, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM menyampaikan tujuan dari kunjungan dan koordinasi ini dalam rangka pendampingan dalam pemenuhan data dukung baik Aksi maupun Kriteria Kabupaten Kota Peduli HAM untuk tahun 2024 dan jaring masukan atas kendala yang di hadapi oleh Kab/Kota dalam memenuhi data dukung.

Lebih lanjut, Hawary menyampaikan “Kabupaten Pemalang sudah mengumpulkan data dukung KKP HAM dan Aksi HAM B04, semoga data dukung yang sudah di sampaikan mendapat hasil yang maksimal agar di tahun 2024 ini Kab. Pemalang dapat mempertahankan predikat KKP HAM dan juga mendapat hasil yang maksimal dalam pelaporan Aksi HAM B04”. Ujarnya.

Hawary menambahkan bahwa “terkait kendala yang dihadapi kita bersinergi bersama-sama mencari solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam pengumpulan data dukung indikator, agar dalam pelaporan tahun ini mendapat penghargaan predikat Peduli HAM sesuai dengan yang diharapkan” Tambahnya.

Sebelum menutup kegiatan, Hawary menegaskan “Bidang HAM, Kanwil Kemenkumham Jateng berkomitmen dalam pemenuhan P5HAM di daerah khususnya dalam membantu Kota/Kabupaten dalam mendorong 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah memenuhi data dukung KKPHAM sebelum diunggah ke aplikasi”. Tutupnya.

Skip to content