Direktorat Jenderal HAM gelar Diseminasi HAM bagi Pemilih Pemula di SMKN 9 Jakarta

Bagikan

Jakarta, portal.ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM gelar Diseminasi HAM bagi Pemilih Pemula di tingkat Sekolah Menengah Atas. Setelah sebelumnya dilaksanakan di SMAN 3 Jakarta selatan, SMAN 44 Jakarta Timur dan SMAN 68 Jakarta Pusat, hari ini berlangsung di SMKN 9 Jakarta Barat. Acara yang diselenggarakan bersama dengan Komunitas Pemuda Pelajar Pencinta HAM (Koppeta HAM) di Aula SMKN 9 Jakarta Barat, Selasa (30/1/2024).

Acara yang disambut hangat oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan DKI, Anas Rosyid menyampaikan bahwa kegiatan ini membantu siswa/i dalam pengenalan HAM, khususnya mengenai hak untuk dipilih dan memilih. Diharapkan materi HAM menjadi bagian penting bagi diri sendiri untuk bisa menempatkan diri sebaik-baiknya.

“Menempatkan Hak Asasi Manusia dengan tepat, akan menunjukan kebersamaan kita yang berbeda-beda. Selain kita menghargai Hak kita, kita harus menghargai Hak orang lain karena dengan cara saling menghormati dan menghargai Hak masing-masing akan menjadi kerukunan, kekeluargaan, bangsa dan negara terjaga dengan baik” ucap Anas.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 9 Jakarta, Yayan Sudarman menyampaikan terima kasih dan bangga kepada Ditjen HAM dan KOPPETA HAM atas kesempatan melakukan kegiatan ini dan memberikan materi-materi untuk siswa/i SMKN 9 Jakarta.

“Ini adalah warna yang baru dan mudah-mudahan warna yang membuat kalian lebih maju lagi,” ucap Yayan.

Perwakili Ditjen HAM, Caturwati menyampaikan kegiatan ini sebagai kegiatan positif untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran siswa/i akan nilai-nilai HAM, terutama hak pilih dan dipilih.

“Pendidikan HAM sangat penting untuk ditanamkan dibangku sekolah sebagai bekal untuk menciptakan kesadaran P5HAM,” ucap Caturwati.

Pada acara ini dihadiri anggota Koppeta HAM, Guru-guru SMKN 9 Jakarta, dan lebih dari 100 pelajar SMKN 9 Jakarta. (Humas DJHAM)

Skip to content