Berkolaborasi dengan KPU RI, Direktorat Jenderal HAM Menyelenggarakan Diseminasi HAM terkait Hak Pemilih bagi Pemula di SMAN 68 Jakarta

Bagikan

Jakarta, portal.ham.go.id – Dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu yang damai dan ramah HAM, Direktorat Jenderal HAM menggelar diseminasi HAM terkait hak pemilih pemula di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Kali ini, berkolaborasi dengan KPU RI, Direktorat Jenderal HAM menyelenggarakan diseminasi HAM terkait hak pemilih bagi pemula di SMAN 68 Jakarta, Selasa (23/01/2024).

Hadir langsung di hadapan 100an pelajar SMAN 68, Direktur Jenderal HAM Dhahana Putra menyatakan pemilu memiliki keterkaitan erat dengan HAM. Menurutnya hak memilih dan hak dipilih masuk dalam kelompok hak sipil dan politik.

“Hak pilih ini juga tercantum dalam kovenan hak sipil dan politik yang telah pemerintah ratifikasi melalui UU Nomor 12 Tahun 2005,” jelas Dhahana.

Lebih lanjut Dhahana menghimbau agar para pelajar tidak mudah termakan berita-berita palsu atau hoax. Apalagi, kata Dhahana, masa pemilu memang begitu banyak sekali informasi yang tersebar baik di media online maupun media sosial.

“Jangan sampai karena sebaran hoax yang marak belakangan terkait pemilu ini kita kemudian menyebarkan ujaran kebencian. Jadi selalu lakukan saring sebelum sharing,” terangnya.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Idham Holik menyatakan bahwa kebebasan untuk berpartisipasi dalam pemilu merupakan aspek penting dalam demokrasi. Ia menunjukan perbandingan sejumlah negara demokratis dengan Indonesia dalam konteks pelaksanaan pemilu. Diyakini Idham, bahwa pelaksanaan pemilu di Indonesia telah lebih baik daripada negara-negara demokratis lainnya.

Sejalan dengan Direktur Jenderal HAM, Idham juga menyinggung pentingnya nilai-nilai HAM dalam pelaksanaan pemilu. Baginya, bahkan pelaksanaan pemilu juga merupakan pelaksanaan HAM itu sendiri.

Perlu diketahui, pelaksanaan acara diseminasi HAM ini juga didukung oleh SMAN 68 dan Koppeta HAM. Rencananya pekan depan kegiatan serupa akan dilaksanakan di SMKN 9 Jakarta. (HumasDJHAM)

Skip to content