Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, Memberikan Penguatan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) di Rutan Kelas I Surakarta

Bagikan

Surakarta, portal.ham.go.id – Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, memberikan penguatan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) di Rutan Kelas I Surakarta, (19/1/2024). Acara penguatan P2HAM tersebut diikuti oleh para kepala UPT KemenkumHAM se eks karesidenan Surakarta beserta para pegawai Rutan Kelas I Surakarta.

Di hadapan para kepala UPT, Dhahana mengungkapkan ada tiga tujuan yang ingin disasar dalam P2HAM. Pertama, kata Direktur Jenderal HAM yaitu mewujudkan pelayanan publik unit kerja yang berpedoman pada prinsip-prinsip HAM. Termasuk, sambung Dhahana, kepastian dan kepuasan penerima layanan, serta penguatan akuntabilitas kinerja atas layanan publik.

“Yang juga kita ingin capai yaitu unit Kerja yang memberikan pelayanan publik yang tidak diskriminatif, cepat, tepat, dan berkualitas,” kata Dhahana.

Direktur Jenderal HAM juga membahas mengenai sejumlah perubahan yang ada di dalam pelaksanaan P2HAM kini ketimbang yang lalu dengan diterbitkannya PermenkumHAM Nomor 25 Tahun 2023. Mulai dari cakupan hingga tahapan.

“Salah satu pembeda ini adalah adanya Indikator yg lebih tajam dan detil terhadap pemenuhan HAM sehingga diharapkan pelaksanaannya akan lebih baik lagi,“ terangya.

Sebelum dilaksanaan penguatan, Direktur Jenderal HAM bersama dengan Kepala Divisi YankumHAM Kanwil KemenkumHAM Jateng menyempatkan diri untuk meninjau pelayanan dan fasilitas di UPT.

Pada kesempatan ini, Ia mengapresiasi keseriusan Kepala Rutan Kelas I Surakarta dan jajaran yang telah berupaya mengimplementasikan P2HAM dalam menjalankan tugas. (Humas DJHAM)

Skip to content