Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, Hadir Langsung pada Rapat yang Digelar oleh Direktorat Kerja Sama Multilateral

Bagikan

Bandung, portal.ham.go.id – Sebagai negara pihak dalam International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights (ICESCR) serta International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR), pemerintah Indonesia memiliki kewajiban untuk menyampaikan pelaporan periodik implementasi yang ke-2 (dua) kepada Badan Traktat PBB. Rencananya Indonesia terjadwal untuk berpartisipasi pada dialog konstruktif dengan Komite CESCR pada 20-21 Februari 2024 dan Komite HAM PBB pada 11-12 maret 2024 di Jenewa, Swiss.

Untuk menyempurnakan draft laporan yang telah disusun, Direktorat Jenderal HAM mengikuti rapat yang digelar oleh Direktorat Kerja Sama Multilateral di Hotel Swiss-Belresort Dago, Bandung Jawa Barat, Jumat (12/1/2024).

Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, hadir langsung pada acara ini. Dalam paparannya, Dhahana menuturkan mengenai sejumlah upaya Direktorat Jenderal HAM meningkatkan implementasi HAM baik hak sipil politik dan ekonomi sosial budaya di tanah air. RANHAM, Bisnis dan HAM, penyusunan Indeks HAM Indonesia, hingga penanganan dugaan pelanggaran HAM merupakan sejumlah program yang dijelaskan pada kesempatan ini.

“Kami di Direktorat Jenderal HAM juga telah intensif berdiskusi dengan Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral dalam banyak kesempatan khususnya bersama Direktorat HAM dan Kemanusiaan dalam penyusunan laporan periodikl,” terang Dhahana.

Menurut Direktur Jenderal HAM, dialog konstruktif yang akan dihelat pada Februari dan Maret mendatang merupakan momentum penting untuk menyampaikan komitmen pemerintah Indonesia terhadap HAM di hadapan dunia. “Lebih dari itu, laporan periodic ini juga bukan semata dokumen tapi juga bentuk konkret Indonesia dalam mendorong implementasi HAM di tanah air,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, turut hadir Direktur Kerja Sama Multilateral, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas dan Direktur Instrumen HAM. (Humas DJHAM)

Skip to content