Direktorat Jenderal HAM menggelar diseminasi HAM bagi pelajar di SMAN 3 Jakarta

Bagikan

Jakarta, portal.ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM menggelar diseminasi HAM bagi pelajar di SMAN 3 Jakarta. Acara yang diselenggarakan bersama Koppeta HAM di ruang audio visual Kamis (11/1/2024) diikuti tidak kurang dari 100 pelajar SMAN 3.

Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, hadir langsung membuka berlangsungnya kegiatan. Dalam sambutannya, Dhahana menyatakan sebagai negara hukum, Indonesia menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Luasnya lingkup hak asasi manusia, sehingga pendidikan hak asasi manusia menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan di bangku sekolah,” terang Dhahana.

Untuk itu, KemenkumHAM melalui Direktorat Jenderal HAM berkomitmen mendorong pengarusutamaan HAM sedari dini di dunia pendidikan. “Untuk mewujudkan hal tersebut, Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia telah membentuk Organisasi pelajar yang sadar akan P5HAM yang kemudian kami namakan Koppeta HAM,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Rita Hastuti menyatakan kesiapan pihaknya untuk terus berkolaborasi bersama Direktorat Jenderal HAM dalam menerapkan nilai-nilai HAM. “Sejatinya, anak-anak Kami juga mendapatkan pendidikan mengenai HAM melalui pendidikan kewarganegaraan,” ujar Rita.

Pada acara ini, para pelajar juga diberikan pendidikan mengenai hak pemilu bagi pemula. Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Gusti Ayu Putu Suwardani menjadi narasumber pada dialog bersama para pelajar tersebut. Ia menerangkan perihal pentingnya para pelajar yang telah memiliki hak pilih untuk berkontribusi dalam estafet kepemimpinan dan masa depan bangsa.

Pada kesempatan ini para pelajar juga turut mengikuti pretest dan post-test terkait materi-materi berkenaan HAM. Pelajar yang mendapatkan hasil terbaik diganjar souvenir ekslusif Direktorat Jenderal HAM. (Humas DJHAM)

Skip to content