Kanwil Kemenkumham Jateng Bersama Biro Hukum Setda Provinsi Jateng Terima Kunjungan Studi Tiru Pemda Sumut Terkait KKP HAM

Bagikan

Semarang, ham.go.id – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah diwakili oleh Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti, Penyuluh Hukum Madya, R Danang Agung Nugroho bersama Koodinator Bantuan Hukum dan HAM Setda Provinsi Jawa Tengah menerima kunjungan studi tiru dari Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera utara (13/12).

Kegiatan studi tiru berlangsung di Ruang Rapat Biro Hukum Gedung A lantai V Setda Provinsi Jawa Tengah dipimpin oleh Koordinator Bantuan Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah, Mulyono.

Kepala Bagian Hukum Setda Provinsi Sumatera Utara, Fredy mewakili rombongan menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Pemprov Jateng dan Kanwil Kemenkumham Jateng.

Ferdy memperkenalkan secara singkat Tim Studi Tiru terdiri dari Pemerintah Daerah Provinsi diwakili oleh Kepala Bagian Hukum, Biro Hukum, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara diwakili oleh Kepala Bidang HAM dan turut serta 7 perwakilan dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Lebih lanjut Ferdy menyampaikan, “Provinsi Sumatera Utara 5 tahun berturut-turut tidak pernah memperoleh penghargaan KKP HAM dan Provinsi Jawa Tengah dalam 5 tahun berturut-turut ini selalu memperoleh penghargaan KKP HAM terbaik. Patut kami ingin mengetahui tips dan trik sehingga dapat memperoleh penghargaan dimaksud.”

Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Sumut, Flora Nainggolan menyampaikan tujuan studi tiru ini adalah untuk berdiskusi dan sharing terkait kendala dalam pemenuhan data dukung KKP HAM dan Aksi HAM agar d tahun 2024 Sumatera Utara mendapatkan predikat KKP HAM seperti yang Jawa Tengah dapatkan di tahun ini.

Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Lista Widyastuti menyampaikan dalam pemenuhan data dukung KKP HAM kanwil kemenkumham Jateng selalu mengadakan rapat koordinasi dengan mengundang Pemerintah Daerah Provinsi dan seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Rapat ini bertujuan untuk menyatukan pemahaman terkait seluruh data dukung serta memotivasi Pemerintah Kota/Kab dalam pemenuhan data dukung KKP HAM serta yang paling penting adalah ketelitian Kanwil dalam memverifikasi data dukung yang sudah di kumpulkan oleh Pemerintah Kota/Kab.

Sebelum mengakhiri kegiatan ini ada sesi tanya jawab yang interaktif terkait kiat-kiat sukses meraih predikat KKP HAM

Skip to content