Direktorat Jenderal HAM menggelar Seminar Indeks Hak Asasi Manusia Indonesia (IHAMI)

Bagikan

Jakarta, portal.ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM menggelar seminar Indeks Hak Asasi Manusia Indonesia (IHAMI) di Hotel Wyndham, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023). Direktur Jenderal HAM hadir secara langsung membuka berlangsungnya kegiatan.

Dalam sambutannya, Dhahana menyinggung mengenai Indonesia sebagai negara demokrasi yang menjunjung tinggi penghormatan HAM. Hal ini ditandai dengan konstitusi, UU 39 Tahun 1999, dan sejumlah regulasi yang berlaku di Indonesia.

Namun demikian, implementasi HAM di tanah air dipandang belum terpotret dengan secara holistik. “Indeks HAM Indonesia ini, kita harapkan dapat menjadi cerminan dari kualitas pelaksanaan HAM di tanah air secara akuntabel,” imbuh Dhahana.

IHAMI, sambung Dhahana, dibangun dengan empat tujuan yaitu memantau perkembangan situasi implementasi HAM, mengetahui dampak kebijakan pemerintah terhadap penikmatan HAM, mengetahui kendala dan hambatan atas implementasi HAM, serta menentukan best practice implementasi HAM sebagai acuan dalam menyusun strategi/langkah pembangunan HAM.

“Dengan tercapainya tujuan tersebut maka pemerintah diharapkan dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam membentuk kebijakan-kebijakan di bidang HAM sehingga dapat meningkatkan penikmatan HAM di Indonesia,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Instrumen HAM Farid Junaedi, menuturkan pihaknya telah mengidentifikasi dan mengumpulkan data sebagai baseline pengukuran tahun ini.

“Metode identifikasi dan pengumpulan data dalam Indeks HAM dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan 3 (tiga) sumber data yaitu data administratif kementerian/lembaga, data hasil survey masyarakat dan data penilaian pakar,” terangnya.

Sebagai informasi, penyusunan IHAMI telah melalui serangkaian proses pembahasan dan diskusi. Tim penyusun juga telah mengintegrasikan Indikator Hak Kelompok Rentan ke dalam Indikator Hak Sipil dan Politik.

Hasilnya, kini telah ditetapkan 20 hak sebagai indikator dalam Indeks HAM, yaitu masing-masing 11 Indikator untuk dimensi hak Sipil dan Politik dan 9 Indikator untuk dimensi hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya.

Selepas sambutan Direktur Jenderal HAM, acara dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Ketua Komnas HAM, Direktur HAM dan Kemanusiaan Kemenlu RI, serta Direktur Eksekutif ELSAM. (Humas DJHAM)

Skip to content