Tingkatkan Kualitas Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM, Ditjen HAM Gelar Pelatihan Sertifikasi Mediator

Bagikan

Bogor, portal.ham.go.id – Ditjen HAM, Kemenkumham RI, bekerja sama dengan Mahkamah Agung menggelar pelatihan sertifikasi mediator di Badan Litbang & Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung, pada Senin (04/12/2023).

Direktur Jenderal HAM, Dr. Dhahana Putra, hadir pada pembukaan kegiatan tersebut.

“Kehadiran mediator atau pelaksana yang menguasai teknik mediasi menjadi penting untuk mendukung salah satu tahapan dalam penanganan dugaan pelanggaran HAM,” ujar Dhahana.

Maka dari itu, Dhahana menjelaskan, bahwa pelatihan sertifikasi mediator ini menjadi momentum yang baik untuk pengembangan kompetensi SDM Kemenkumham dalam menangani dugaan pelanggaran HAM, baik di tingkat pusat maupun di daerah.

“Dengan adanya peningkatan kompetensi tersebut maka diharapkan akan meningkatkan kualitas penanganan dugaan pelanggaran HAM yang dilaksanakan oleh Kemenkumham baik di tingkat pusat dan dan daerah sehingga dapat menjadi alternatif jalan penyelesaian sengketa dan permasalahan HAM bagi masyarakat,” ujar Dhahana.

Pelatihan sertifikasi mediator yang sebelumnya telah terselenggara secara daring sejak 20 November 2023 dan dilanjutkan dengan kegiatan klasikal pada 4 – 12 Desember 2023. Terdapat lebih kurang 80 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. (Humas DJHAM)

Skip to content