Kemenkumham Jateng Lakukan Koordinasi dengan PN Mungkid Kelas IB Terkait Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM di Kabupaten Kebumen

Bagikan

Mungkid, ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah diwakili oleh Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti didampingi Penyuluh Hukum Ahli Madya, R. Danang Agung Nugroho dan Pelaksana Bidang HAM melakukan koordinasi dengan Pengadilan Negeri Kelas IB Mungkid terkait penanganan pengaduan dugaan pelanggaran HAM, di kantor PN Kelas IB Mungkid Kab. Magelang, Kamis (09/11).

Tim Kanwil Kemenkumham Jateng disambut dengan ramah oleh Ketua PN Kelas I Mungkid, Darminto Hutasoit didampingi Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris beserta jajaran.

Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menjalankan Tugas dan Fungsi sesuai amanat Permenkumham Nomor 23 Tahun 2023 tentang Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM, Kantor Wilayah melakukan pemeriksaan dugaan Pelanggaran HAM dengan berkoordinasi dengan Pelapor, Terlapor, dan pihak terkait untuk mengklarikasi pengaduan serta melakukan pemeriksaan lapangan.

Lebih lanjut Lista menjelaskan “tujuan pertemuan ini untuk berkoordinasi dan klarifikasi terkait aduan yang dilaporkan oleh pelapor tentang adanya dugaan pelanggaran HAM guna mencari jalan keluar bersama terhadap pengaduan dugaan pelanggaran HAM dimaksud” Ujarnya.

Darminto menyampaikan “terima kasih sudah rawuh ke kantor kami, terkait permasalahan dimaksud sudah kami tindaklanjuti dengan melakukan mediasi melibatkan pihak-pihak terkait.
“Sudah memanggil kedua belah pihak, ada notulen rapat. Terlapor juga sudah kami mintai keterangan. Permasalahan ini pun berdasarkan keterangan para pihak akan dilakukan upaya damai. Dan perlu kami sampaikan bahww Surat Pelapor ini ditujukan kepada 4 instansi, seharusnya laporan kepada PN Mungki agar tidak ada kekeliruan dalam penanganan pelaporan dimaksud, Ungkapnya.

Lebih lanjut, “Permasalahan saat ini sudah dalam proses penyidikan di kepolisian. PN Mungkid menunggu tindak lanjut dari pihak Pelapor yang akan menginput permasalahan ini melalui aplikasi sistem pengawasan SIWAS dan delegasi dari MA. SIWAS merupakan sistem informasi penanganan pengaduan yang dikelola oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia”. Imbuh kepala PN Mungkid

Sebelum menutup pertemuan, Lista menyampaikan “kami mengapresiasi dan terima kasih kepada PN Mungkid yang telah merespon dan menyambut baik kedatangan kami serta menindaklanjuti pengaduan terkait permaslahan dimaksud. Adapun informasi yang kami peroleh akan segera kami laporkan kepada Kepala Kantor Wilayah dan diteruskan kepada Direktur Jenderal HAM”, Tutupnya.

Dalam Kesempatan tersebut pula, Tim Kanwil Kemenkumham Jateng menyambangi DPC LPKSM “Kresna” Kab. Kebumen sebagai pihak pelapor, di terima langsung oleh Sekretaris DPC, Miftahudin. Dalam pertemuan tesebut, Tim berkoordinasi dan klarifikasi dengan pihak pelapor dan menyampaikan bahwa aduan yang masuk sudah kami proses sesuai dengan tugas dan fungsi kanwil kemenkumham. Disarankan kepada pelapor untuk menginput ke sistem pengawasan SIWAS yang merupakan sistem informasi penanganan pengaduan yang dikelola oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Skip to content