Direktorat Jenderal HAM Menerima Kunjungan dari Teman-Teman Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH) Universitas Katolik Parahyangan

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM menerima kunjungan dari teman-teman mahasiswa Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH) Universitas Katolik Parahyangan. Tidak kurang 25 mahasiswa dari kampus swasta kenamaan di Kota Bandung itu hadir di ruang rapat utama Direktorat Jenderal HAM, Jumat (6/10/2023).

Di hadapan para mahasiswa, Analis Hukum Ahli Madya Edwin Aldrin Purba menjelaskan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal HAM. Edwin mengawali paparannya dengan perbedaan Komnas HAM dan Direktorat Jenderal HAM. “Jika Komnas HAM berada di luar eksekutif yang bertugas mengawasi pemerintah, maka Direktorat Jenderal HAM ini ada di dalam pemerintah yang menangani HAM,” tutur Edwin.

Ia juga turut menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal HAM menyambut baik upaya kerja sama dengan kampus. “Setiap Universitas berpotensi untuk bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal penelitian HAM melalui PUSHAM (Pusat Studi Hak Asasi Manusia),” jelasnya.

Lebih lanjut, Edwin juga mengungkapkan apa saja program-program di bidang HAM yang kini tengah dikerjakan Direktorat Jenderal HAM di antaranya : Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM yang Berat Masa Lalu, Kabupaten/Kota Peduli HAM, Bisnis dan HAM, RANHAM, Pengubahan Permenkumham, Pembangunan Indeks HAM, Pos Pengaduan HAM, Pembangunan Basis Data HAM Indonesia, dan pelaporan sejumlah instrument HAM internasional.

Selepas sesi paparan, para mahasiswa yang hadir ini diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan seputar HAM. Para mahasiswa tampak antusias menanyakan hal-hal terkait HAM.

Pada kesempatan yang sama, Dosen Universitas Katolik Parahyangan yang ikut mendampingi para mahasiswa, Anin, membeberkan pentingnya kunjungan ke kantor pemerintahan seperti ke Direktorat Jenderal HAM ini. “Law Firm Visit ini merupakan program tahunan dengan tujuan untuk pengenalan bagi para mahasiswa ketika mereka lulus dan peluang bekerja ke mana. Itulah harapannya, mereka ada gambaran tugas-tugas seperti apa yang ada di Instansi Pemerintahan tersebut,” kata Anin.

Selepas acara audiensi di ruang rapat, para mahasiswa mengunjungi sejumlah ruangan di Direktorat Jenderal HAM. Beberapa mahasiswa tampak diboyong ke ruang podcast Direktorat Jenderal HAM untuk membuat konten terkait HAM. (Humas DJHAM)

Skip to content