Bersama dengan Staf Khusus MenkumHAM bidang Media dan Komunikasi Milton Hasibuan, Direktur Yankomas Pagar Butar Butar berkunjung ke Kanwil KemenkumHAM Sumatera Utara

Bagikan

Sumatera Utara, ham.go.id – Bersama dengan Staf Khusus MenkumHAM bidang Media dan Komunikasi Milton Hasibuan, Direktur Yankomas Pagar Butar Butar berkunjung ke Kanwil KemenkumHAM Sumatera Utara, Kamis (5/10/2023). Dalam kunjungan kali ini, Direktur Yankomas mendiskusikan bersama jajaran Kanwil KemenkumHAM Sumatera Utara terkait pengaduan HAM yang diterima pihaknya hingga September 2023.

Merujuk data yang ia terima, Pagar mengungkapkan pihaknya telah menerima 664 pengaduan HAM dari Sumatera utara. Angka ini menunjukan bahwa ada harapan yang tinggi dari Masyarakat agar permasalahan HAM ini dapat diselesaikan.

“Penting untuk mendorong Penyelesaian Dugaan Pelanggaran HAM bagi Pemerintah Daerah karena hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan bagi tim penilai Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKPHAM) untuk melakukan pengurangan nilai apabila Kabupaten/Kota tidak melaksanakan tindak lanjut penyelesaian dugaan pelanggaran HAM,” kata Pagar.

Dalam rapat kali ini, turut hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Alex Cosmas Pinem serta didampingi oleh Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM Desni Manik dan tim.

Selain melakukan rapat di kantor wilayah, Direktur Yankomas juga melakukan pemantauan Pos Pengaduan HAM. Dalam lawatannya kali ini, Pagar beserta tim berkunjung ke Lapas Kelas IIA Pematang Siantar. Dalam kesempatan ini, Direktur menyampaikan paparan terkait Pelayanan Komunikasi Masyarakat kepada pejabat, pegawai dan petugas Pos Pengaduan HAM di Aula Lapas Kelas IIA Pematang Siantar.

Direktur Yankomas mengapresiasi Lapas karna menempatkan Pos Pengaduan HAM di depan kantor sebelum pintu portir. Ini penting untuk memudahkan Masyarakat mengakses layanan. “ini menunjukan bahwa Lapas sangat peduli, hadir ditengah masyarakat, untuk melayani masyarakat dan berperspektif P5HAM” pungkasnya. (Humas DJHAM).

Skip to content