Upacara Kesaktian Pancasila 2023

Bagikan

Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, menjadi inspektur upacara hari peringatan Kesaktian Pancasila 2023. Acara yang digelar di lapangan merah, Senin pagi (10/2/2023) tersebut dihadiri oleh seluruh unit utama KemenkumHAM.

“Pancasila bisa menjadi ideologi yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Dhahana membacakan pidato Menteri Hukum dan HAM pada Peringatan Kesaktian Pancasila pagi ini.

Pernyataan tersebut terbukti melalui perjalanan sejarah bangsa. Dalam pelaksanaan ketatanegaraan Indonesia, sambung Dhahana, Pancasila telah mampu mengatasi perbedaan perbedaan dan pertentangan. “Pancasila mempunyai peranan penting didalamnya karena merupakan ideologi yang memiliki nilai asas Nasionalisme yang tumbuh diatas perbedaan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, dalam peringatan Kesaktian Pancasila Dhahana mengajak seluruh insan pengayoman agar dapat menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila. “Kita mesti mampu bersatu membangun bangsa untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dan Sejahtera,” jelasnya.

Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”, sejumlah pegawai Direktorat Jenderal HAM turut menjadi petugas di antaranya Direktur Yankomas HAM Pagar Butar Butar sebagai Perwira Upacara, Firman Budiarto sebagai pemimpin upacara, Kadek Naraiswari sebagai MC, dan Muchlas Suriandy sebagai pembaca doa. (Humas DJHAM)

Skip to content