Resmikan Pos Pengaduan HAM, Kanwil Sumbar Siap Tampung Pengaduan HAM Masyarakat

Bagikan

Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar melaksanakan peresmian pos pengaduan HAM dan penandatanganan MoU antara Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat dengan pemerintah kota Payakumbuh di Kantor Walikota Payakumbuh (4/08).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, Haris Sukamto yang didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ruliana Pendah Harsiwi beserta jajaran.
Turut hadir Kepala Unit Pelaksana Teknis wilayah Bukittinggi dan Payakumbuh dan jajaran Pemerintah Kota Payakumbuh.
Kegiatan ini diawali dengan penandatanganan nota kesepakatan antara pemerintah kota Payakumbuh dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat tentang kerjasama dalam rangka pembentukan peraturan perundang-undangan didaerah, pembinaan hukum dan hak asasi manusia serta penyelenggaraan kekayaan intelektual.

Selanjutnya, Kakanwil kemenkumham Sumbar beserta Pj. Walikota Kota Payakumbuh meresmikan pos pengaduan HAM di Mal Pelayanan Publik Kota Payakumbuh.
Pj. Walikota Payakumbuh, Rida Ananda sangat menyambut dengan baik peresmian pos pengaduan ham ini. Peresmian Pos pengaduan HAM di Sumatera Barat merupakan yang pertama di Indonesia. Kota payakumbuh sangat bangga bisa menjadi yang pilot project untuk pos pengaduan HAM dalam menampung aspirasi masyarakat, tutur PJ Walikota Payakumbuh.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, Haris Sukamto menyampaikan, masalah HAM merupakan masalah yang sangat serius dan harus cepat ditindaklanjuti. Kantor Wilayah siap menerima pengaduan HAM melalui pos pengaduan HAM dan Kantor Wilayah dalam hal tindak lanjut.
Kantor wilayah berharap dengan adanya pos pengaduan HAM disetiap Kabupaten/Kota, permasalahan HAM, layanan pengaduan ham kantor wilayah dapat terlaksana dengan optimal. (Humas Kemenkumham Sumbar)

Skip to content