Ditjen HAM Gelar Bimtek Aplikasi SAPA-HAM

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM menggelar rapat Kesekretariatan RANHAM terkait Bimbingan Teknis Aplikasi SAPA-HAM. Bimbingan teknis tersebut dihelat di ruang rapat utama, Selasa (25/7).

Direktur Fasilitasi dan Informasi HAM, Darsyad, hadir membuka berlangsungnya acara bimbingan teknis. Dalam sambutannya, Darsyad menyatakan Direktorat Jenderal HAM selaku panitia nasional RANHAM terus melakukan peningkatan dalam pelaksanaan aksi HAM.

“Terkini, kami telah mengembangkan aplikasi pelaporan RANHAM dengan aplikasi SAPA-HAM yang nantinya menggantikan aplikasi dari KSP,” jelas Darsyad.

Untuk itu, bimbingan teknis semacam ini penting. Karena, sambung Darsyad, melalui bimbingan teknis ini dapat memudahkan pemerintah daerah dan kementerian dan lembaga dalam melakukan pelaporan aksi HAM ke depannya.

“Rencananya, aplikasi SAPA-HAM akan digunakan pada pelaporan Aksi HAM periode B08 dan B12 tahun 2023,” kata Darsyad.

Pada acara yang diikuti sejumlah pegawai dari Direktorat Kerja Sama HAM ini juga nenghadirkan konsultan RANHAM, M. Hafiz dan konsultan Tim IT RANHAM sebagai narasumber

Pada kesempatan ini, Hafiz memberikan gambaran pelaporan aksi HAM dari pemerintah daerah pada B04. Sementara itu, tim IT konsultan memaparkan mengenai teknis pelaporan dengan menggunakan aplikasi SAPA-HAM. (Humas DJHAM)

 

Skip to content