Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis HAM di Lapas Klas II B Payakumbuh

Bagikan

Untuk mendukung terlaksananya Pelayanan Publik Berbasis HAM di UPT Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melalui Bidang HAM melaksanakan Evaluasi P2HAM di Lapas Klas IIB Payakumbuh (20/7). Maksud Kegiatan Evaluasi P2HAM pada Lapas Klas IIB Payakumbuh untuk mengetahui sejauh mana ketersedian dan kesiapan Sarana dan Prasarana serta Petugas Layanan pada Satuan Kerja / Unit Pelaksana Teknis di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat dalam memenuhi kriteria Pelayanan Pubilk Berbasis HAM sesuai Permenkumham No. 2 Tahun 2022 tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM.

Adanya kendala mengenai kondisi bangunan Lapas Payakumbuh yang sangat sempit dan blok hunian yang over kapasitas menyebabkan pemberian pelayanan yang tidak maksimal bagi WBP. Sudah ada rencana SK pergantian lokasi antara lapas Payakumbuh dengan LPKA Tanjung Pati sesuai Kepmenkumham namun belum terlaksana.
Kepala Bidang HAM menyampaikan bahwa Lapas Klas IIB Payakumbuh harus memaksimalkan sarana, prasarana dan SDM agar di tahun 2023 ini Lapas Klas IIB Payakumbuh dapat memberikan pelayanan publik yang optimal bagi masyarakat baik bagi warga binaan pemaysrakatan maupun pengunjung dan Lapas Klas IIB Payakumbuh dapat memperoleh penghargaan pelayanan publik berbasis HAM yang akan dinilai di bulan Oktober mendatang. (LE)

Skip to content