Ditjen HAM Kembali Gelar Konsinyering Melanjutkan Proses Penyusunan Indeks HAM Indonesia (IHAMI)

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM kembali menyelenggarakan Konsinyering dalam rangka melanjutkan proses penyusunan Indeks HAM Indonesia (IHAMI). Acara digelar di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat selama tiga hari (30 Mei – 1 Juni 2023).

Sekretaris Direktorat Jenderal HAM, Aman Riyadi, turut hadir dan mengikuti pembahasan. Menurut Aman Riyadi yang juga merupakan Plt. Direktur Instrumen HAM menyampaikan diperlukan masukan-masukan konstruktif dalam penyusunan IHAMI. Harapannya, pembahasan rapat kali ini dapat memperkaya substansi di dalam penyusunan IHAMI.

Perlu diketahui, fokus utama dalam pembahasan IHAMI kali ini yaitu penyusunan metadata, terkait elemen dan indikator Indeks HAM, baik untuk kelompok Hak Sipil dan Politik, serta Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya.

Pada kesempatan kali ini, panitia menghadirkan dua narasumber yaitu Peneliti ELSAM, Yosep Adi Prasetyo, dan Peneliti Cakra Wikara Indonesia, Antonio Pradjasto Hardojo.

Dalam paparannya, Yosep Adi menyampaikan materi tentang bagaimana menggagas ide penyusunan indeks HAM menggunakan model parameter IHAM yg dibuat oleh Komisi HAM PBB. Sementara Antonio Pradjasto yang tampil sebagai pemateri kedua, menyampaikan tanggapan dan masukan terkait elemen prioritas HAM, dan metode perumusan indikator dalam indeks HAM Indonesia. (Humas DJHAM)

Skip to content