Tingkatkan Layanan Pengaduan HAM, Kanwil Kemenkumham Sumbar Laksanakan Rapat Persiapan Fasilitasi Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM

Bagikan

Kanwil Kemenkumham melaksanakan Rapat Persiapan Fasilitasi Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM di Ruang Rapat Tuanku Imam Bonjol (19/05). Rapat kali ini dibuka oleh Kepala Bidang HAM, Dewi Nofyenti didampingi oleh Kepala Subbidang Pemajuan HAM, Nofrianda Putra dan Kepala Subbidang P3 Hukum dan HAM, Fakhrul Rozi. Turut hadir tim yankomas yang terdiri dari Penyuluh hukum, JFT Subbagian HRBTI dan jajaran bidang HAM Kanwil Kemenkumham Sumbar.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari pengaduan langsung yang masuk ke kantor wilayah pada tanggal 13 Mei 2023 terkait laporan pengaduan atas pencabulan yang dilakukan oleh pelaku terhadap anak pelapor. Analisis dari telaahan tim yankomas terhadap permasalahan ini merujuk ke UU No 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan UU Perlindungan Anak No 35 Tahun 2019 pasal 15.
Kantor Wilayah khususnya untuk Tim Pengaduan HAM bisa menjadi wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam menyelesaikan dugaan pelanggaran HAM serta memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengkases layanan pengaduan dugaan pelanggaran HAM. (Humas Kemenkumham Sumbar)

Skip to content