Jelang Penutupan Masa Pelaporan, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Optimalisasi Data Penilaian KKPHAM

Bagikan

Surabaya, ham.go.id – Dalam rangka mengoptimalkan pengumpulan data penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menyelenggarakan rapat koordinasi dengan mengundang peserta dari seluruh Bagian Hukum Pemerintah Kab Kota yang menangani pengumpulan data KKPHAM.

Acara diselenggarakan di Ruang Raden Wijaya (23/05) dengan dipimpin oleh Kepala Bidang HAM Wiwit Purwani Iswandari dan didampingi oleh Kepala Bantuan Hukum dan HAM dan Sub Koordinator Substansi Non Litigasi dan HAM pada Biro Hukum Setda Prov Jawa Timur Adi Sarono dan Faishol Riza dan Kasubag Pemajuan HAM Kanwil Jatim, Ratno Suhartono.

Wiwit menjelaskan secara langsung detail kekurangan data dari masing-masing kab kota, dari 38 kab/kota di Jawa Timur baru ada 11 kab kota yang sudah melengkapi data dari 120 indikator yang diminta. Sedangkan Adi Sarono menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya mendorong pemerintah kab/kota yang belum melengkapi data agar segera diupayakan agar kab/kota di provinsi Jawa Timur bisa meningkatkan prestasinya dari tahun yang lalu dimana sebanyak 23 kab/kota dapat meraih penghargaan Peduli HAM. Faishol menambahkan bahwa ada beberapa data yang dikirim oleh kab/kota ke bagian hukum namun tidak dikirim ke Kanwil akan segera dikoordinasikan dan diselaraskan dengan data yang masuk ke Kanwil.

Proses input data KKPHAM yang hampir berakhir pada tanggal 30 Mei mendatang dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin oleh peserta rakor untuk memenuhi kekurangan data KKPHAM dari masing-masing wilayahnya. Data yang dibawa oleh peserta langsung di verifikasi dan di cek kembali oleh tim dari Bidang HAM Kanwil untuk kemudian diupload ke dalam aplikasi KKPHAM.

Tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk mengoptimalkan data indikator penilaian KKPHAM dari pemerintah kab kota agar bisa memperoleh hasil yang maksimal sehingga dapat meraih penghargaan Peduli HAM.

Skip to content