Masih dalam Upaya P5HAM bagi PDM, Ditjen HAM Kunjungi Panti Sosial di Kudus

Bagikan

Kudus, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM sebagai bagian dari POKJA P5HAM bagi PDM melakukan kunjungan ke PPSDSN Kudus, Panti Muria Jaya Kudus, dan Yayasan Jalma Sehat di Kudus Jawa Tengah, Rabu (10/5). Tidak hanya kementerian dan lembaga, NHRI bersama masyarakat sipil turut serta pada kegiatan ini.

Hadir mewakili Direktorat Jenderal HAM pada kesempatan ini adalah Koordinator Instrumen Hak Ekosob, Farida Wahid. Menurut Farida kegiatan kunjung semacam ini penting untuk memperkuat upaya P5HAM bagi PDM di panti-panti.

“Sekaligus melalui kegiatan ini kami melakukan inventarisir terhadap persoalan, hambatan, maupun tantangan yang dihadapi para PDM dan pengelola di panti-panti,”jelas Farida.

Perlu diketahui, tujuan dari kunjungan kali ini adalah penyamaan persepsi tentang realitas panti-panti habilitasi dan rehabilitasi bagi Penyandang Disabilitas Mental (PDM). Dengan demikian maka diharapakan para pemangku kepentingan mendapatkan gambaran nyata utuh terhadap kondisi para PDM.

“Dari gambaran utuh yang kita dapatkan melalui kunjungan ke panti-panti maka akan menjadi bahan penting dalam rangka penyusunan strategi dan peta jalan (road map) P5HAM bagi PDM untuk dapat hidup inklusif di masyarakat,”pungkas Farida. (Humas DJHAM)

Skip to content