Ditjen HAM Gelar FGD Pemetaan Bahan Laporan Implementasi Konvensi Menentang Penyiksaan (CAT)

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM menggelar Forum Group Discussion (FGD) pemetaan bahan laporan implementasi konvensi menentang penyiksaan (CAT). Sekretaris Direktorat Jenderal HAM, Aman Riyadi menghadiri FGD yang digelar di ruang rapat lantai Delapan, Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM tersebut.

Dalam sambutannya, Aman Riyadi yang juga merupakan Plt. Direktur Instrumen HAM berharap pertemuan kali ini akan mampu mengumpulkan informasi terkini terkait 44 rekomendasi yang telah dikerjakan selama ini oleh kementerian dan lembaga.

Untuk diketahui, rapat kali ini diselenggaran secara hybrid dengan mengundang kementerian dan lembaga terkait. Turut hadir selaku narasumber adalah Direktur HAM dan Kemanusiaan Kemenlu Achasanul Habib. Koordinator Instrumen Hak Sipol memoderatori berlangsungnya acara FGD.

Menurut Achsanul Habib, laporan Indonesia atas konvensi CAT ini ditargetkan tuntas pada tahun 2023. “kami masih menunggu dan berkoordinasi dengan Komite CAT dan PTRI di jenewa tengah melakukan koordinasi dengan Komisi CAT terkait beberapa rekomendasi dalam LOIPR tahun 2011 yang sudah tidak relevan dan sampai saat ini belum mendapat respon,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Habib menyatakan pemerintah RI berkomitmen untuk menyelesaikan laporan CAT sekaligus menyampaikan ke komite pada kesempatan pertama.

Untuk itu, tanggapan dan data dari K/L yang hadir pada rapat kali ini sangat diperlukan guna membantu mempercepat proses pelaporan CAT. (Humas DJHAM)

Skip to content