Ditjen HAM Gelar Rapat Koordinasi dan Konsultasi Teknis Pengaduan Dugaan Pelanggaran HAM di Medan

Bagikan

Medan, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM menggelar rapat koordinasi dan konsultasi teknis di Medan, Sumatera Utara, Kamis (29/3). Direktur Yankomas, Pagar Butar Butar, memimpin berjalannya rapat yang dilaksanakan di aula Kanwil KemenkumHAM Sumatera Utara tersebut.

Menurut, Pagar kegiatan rapat koordinasi dan konsultasi teknis yang digelar ini merupakan refleksi kehadiran pemerintah dalam urusan HAM. “Melalui rapat kali ini, sejatinya negara khususnya pemerintah hadir melayani masyarakat yang mengalami dugaan pelanggaran HAM,”jelas Pagar.

Dalam pertemuan kali ini, Terdapat 12 pengaduan HAM yang dibahas. Secara umum pengaduan yang dibahas memang didominasi persoalan berkenaan dengan kasus pertanahan. Namun, permasalahan HAM yang dihadapi petani MIPA di kabupaten langkat menjadi salah satu fokus pembahasan. Pasalnya, para petani MIPA telah menyampaikan persoalan tersebut di forum internasional di Jenewa Swiss.

Perlu diketahui, Kanwil KemenkumHAM Sumut mendapat predikat ketiga terbaik dalam hal penangana dugaan pelangagran HAM. Diharapkan melalui kali rapat ini, dapat menjadi langkah percepatan dalam penanganan dugaan pelanggaran HAM yang telah disampaikan ke Direktorat Jenderal HAM.

Pada rapat kali ini, turut hadir Kepala Bidang HAM dan Kasubbid Pemajuan HAM Kanwil KemenkumHAM Sumut. (Humas DJHAM)

Skip to content