PR Briefing Perkuat Humas Kemenkumham

Bagikan

Sekretariat Jenderal KemenkumHAM menggelar acara Public Relation Briefing 2023, Jumat (17/2). Sekretaris Direktorat Jenderal HAM, Aman Riyadi, beserta sejumlah sekretaris unit utama, kakanwil, dan kadivmin menghadiri kegiatan secara langsung dari Graha Pengayoman.

Sekretaris Jenderal KemenkumHAM, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, turut serta hadir memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran yang hadir. Ia mengingatkan seluruh jajaran untuk memperhatikan benar peran kehumasan. “Yang perlu kita bangun adalah citra positif kementerian,”jelas Andap.

Sejalan dengan arahan Sekretaris Jenderal KemenkumHAM, Kabiro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama (Hukerma), Hantor Situmorang, menilai persepsi positif masyarakat terhadap program yang tengah dikerjakan KemenkumHAM memiliki aspek penting. Pasalnya, Pemerintahan yang baik tidak bisa dikatakan baik jika tidak diketahui publik.

“Prestasi dan capaian-capaian positif yang seharusnya merupakan sesuatu yang membanggakan menjadi tidak bernilai karena kurangnya publikasi dan informasi kepada masyarakat luas,” terang Hantor.

Untuk itu, pembangunan citra positif KemenkumHAM, sambung Hantor, menjadi tugas penting seluruh insan pengayoman baik di unit pusat maupun wilayah. “Melalui kegiatan PR Briefing ini, saya mengajak Bapak/Ibu hadirin sekalian untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkan semangatnya dalam mengglorifikasikan berita-berita positif KemenkumHAM,”Jelasnya.

Pada kesempatan kali ini, panitia juga menghadirkan Arief Suditomo selaku narasumber. Pria yang telah malang melintang di dunia media ini memberikan penguatan terkait kehumasan kepada seluruh peserta yang hadir di Graha Pengayoman sore ini.

Dalam paparanya, Arief menekankan pentingnya para pejabat yang membidangi kehumasan untuk mengikuti perkembangan media kini. “Jadi kalau dulu Humas perlu memiliki kemampuan berinteraksi dengan media, kini mesti juga memahami content creation management,”ujar Arief.

Pasalnya, menurut Arief perkembangan media sosial kini membuat pihak Humas mesti memutar otak dalam menyampaikan pesan kepada publik. Karena, pengguna media sosial sudah semakin besar.

Pada acara kali ini juga diselenggarakan pemberian penghargaan di bidang kehumasan bagi unit utama dan kantor wilayah. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal KemenkumHAM.

Sebagai informasi, berdasarkan penelitian yang dilakukan Kemenkominfo bersama dengan KataData pada tahun 2022 silam, publik kini lebih banyak memilih media sosial sebagai wadah untuk mencari informasi ketimbang website instansi pemerintah.

Selain membahas mengenai peran kehumasan, agenda yang digelar di Graya Pengayoman hari ini juga dirangkai dengan agenda Penguatan Tugas dan Fungsi Sekretariat Jenderal KemenkumHAM. Tidak hanya dihadiri secara langsung, kegiatan PR Briefing yang digelar di Graya Pengayoman ini juga diikuti secara daring oleh para pegawai KemenkumHAM. (Humas DJHAM)

Skip to content