Perkuat Sinergi Ditjen HAM Gandeng Kerja Sama dengan TNI

Bagikan

“Jadi mulai sekarang Pak Jenderal, tidak perlu lagi takut dengan HAM,” celetuk Plt. Dirjen HAM, Mualimin Abdi dalam pertemuan dengan Staf Ahli KASAD Bid. SosbudkumHAM, Kamis (2/1). Candaan Plt. Direktur Jenderal HAM tersebut disambut gelak tawa para peserta yang hadir di ruang rapat utama pagi ini.

Kehadiran Staf Ahli KASAD Bid. SosbudkumHAM l, Mayjen Dwi Darmadi, pagi ini ke Direktorat Jenderal HAM bertujuan untuk melakukan pengumpulan data untuk kajian strategis.

Diakui Dwi Darmadi, HAM acap kali menjadi momok di kalangan pasukan. Apalagi, sambung Dwi Darmadi kala pasukan TNI bertugas di daerah operasi.

Menurut Mayjen TNI yang pernah berdinas di Papua ini, penguatan substansi HAM di kalangan pasukan memang perlu ditingkatkan. Diharapkan dengan meningkatnya pemahaman terhadap HAM maka profesionalitas TNI akan turut semakin meningkat.

Plt. Direktur Jenderal HAM juga menyambut baik terselenggaranya pertemuan ini. “Pak Jenderal, pintu kami selalu terbuka jika ada yang ingin didiskusikan berkenaan dengan HAM,” tuturnya.

Dalam pertemuan kali ini, kedua belah pihak juga membahas mengenai sejumlah agenda ke depan termasuk pelaksanaan Training of Trainers (ToT) bagi tenaga didik di pusat-pusat pendidikan di TNI.

Perlu diketahui, KemenkumHAM dan TNI juga tengah berencana untuk membangun MoU. Melalui kesepakatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara KemenkumHAM khususnya Direktorat Jenderal HAM dengan TNI.

Hadir dalam rapat kali ini yaitu di antaranya Sekretaris Direktorat Jenderal HAM, Direktur Fasilitasi dan Informasi HAM, dan Direktur Yankomas HAM. Ada pun jajaran dari Sahli KASAD pagi ini yang turut mengikuti rapat di antaranya Staf Ahli Tk II Kasad Bid KumHAM dan Narkoba dan Staf Ahli Tk II Bid Sosbud. (Humas DJHAM)

Skip to content