Kanwil Kemenkumham Jabar Dialog Di SMAN14 Kota Bandung Bertemakan Sanksi Sosial Bisa Berat Dari Hukuman Positif

Bagikan

Bandung, ham.go.id – Munculnya berbagai tindakan  masyarakat secara bersama sama  berupa sanksi  sosial dengan  melakukan tindakan hukum terhadap pelanggar hukum, hendaknya  harus menjadi peringatan dini  bagi aparatur Negara  khususnya  kalangan penegak hukum.

Demikian disampaikan Hasbullah Fudail (Kepala Bidang HAM Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat) ketika menjadi nara sumber dalam dialog dengan pelajar SMAN 14 Kota Bandung dengan tema “Ketika Pelindung Menjadi Perundung”. Selain itu tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menyosialisasikan poin – poin penting mengenai HAM, Selasa, 24/01/2023.

Tema ini diambil dari kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi di Ciporeat Bandung beberapa tahun lalu, ketika seorang ayah menhamili anak kandungnya. Akibat  proses hukum  yang ada  tidak mampu menjawab tuntutan masyarakat  agar  pelaku KDRT   dapat diproses secara hukum dan dihukum setimpal.

Atas  inisiatif masyarakat secara bersama sama  maka pelaku diusir  untuk meninggalkan  rumah  tempat tinggalnya (diusir dari  wilayah)  karena dianggap  menodai  dan mencemarkan nama baik  kampungnya.

Acara ini  dikemas  dengan  melibatkan para siswa  untuk mengambil  kasus  dengan tema besar yaitu Hak Asasi Manusia  yang  pernah viral . Para siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan  pengkajian  dengan berbagai sumber literature maupun pemberitaan  lalu dipresentasikan dalam kelas khusu mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dengan  didampingi oleh guru  Bambang Sugianto.

Dalam kesempatan tersebut, Hasbullah Fudail  juga  berkenan menemui 3 (tiga)  Duta Hukum dan HAM SMAN 14 yang akan menghadiri Kick Of General Meeting  Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH HAM) Jawa Barat  pada tanggal 26-27 Januari 2023 di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Untuk mendorong dan meningkatkan kesdaran hukum dan HAM dikalangan pelajar  khususnya  SMA , SMK, MA sederajat yang ada di wilayah Jawa Barat.

1

2

3

Skip to content