Pemajuan HAM untuk Setiap Orang “Menuju Indonesia Maju”

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Di peringatan Hari HAM Sedunia yang ke-74, telah banyak berbagai kemajuan yang kita sudah capai secara bersama-sama. Namun, berbagai tantangan juga tetap harus menjadi prioritas pemerintah ke depan.

Tema Peringatan Hari HAM di Indonesia untuk tahun ini adalah “Pemajuan HAM untuk Setiap Orang”, memastikan pembangunan yang tidak meninggalkan siapapun atau “No One Left Behind”. Hal ini dimulai dr penguatan sistem pendataan kelompok rentan/marjinal sbg basis kebijakan afirmasi, penggeser perspektif charity mnjd pendekatan berbasis HAM, serta memastikan setiap kelompok rentan/marjinal menikmati kualitas tertinggi HAM.

Pada kesempatan ini, Wakil Presiden ke-13 Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin menekankan bahwa Peringatan Hari HAM Sedunia merupakan momen reflektif bagi seluruh negara dan bangsa dalam menghormati dan memajukan HAM secara universal. Wakil Presiden mengatakan mengatakan Hak Asasi Manusia sejatinya tumbuh bersama dengan keadaban suatu bangsa. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia berarti menjunjung tinggi peradaban.

Pada peringatan hari HAM se-dunia tahun ini beberapa penghargaan akan diberikan oleh Kemenkumham sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pemajuan HAM. Kemenkumham juga memberikan penghargaan kepada lembaga negara dan pemda sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM, Pemerintah Daerah yang Melaksanakan Pelayanan Publik Berbasis HAM, dan Instansi Responsif dalam Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM.

 

 

Skip to content