Kanwil Kumham Kaltim Hadiri Peringatan Hari HAM Se-Dunia yang Ke-74

Bagikan

Jakarta, ham.go.id –  Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim (Sofyan) didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Dulyono), Kepala Bidang HAM (Umi Laili), Kepala Bidang Pelayanan Hukum (Munaji), Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM (Favourita Sirait) dan Staf Sub Bagian Pemajuan HAM pada Kanwil Kemenkumham Kaltim menghadiri kegiatan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-Dunia ke-74 Tahun 2022, yang mengusung tema : “Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang”Senin, (12/12/2022).  

Kegiatan yang bertempat di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta Pusat tersebut juga dihadiri oleh jajaran Kementerian Hukum dan HAM beserta Instansi Vertikal dan Pemerintan Daerah, sementara itu Kepala Divisi Administrasi (Hajrianor) dan Pejabat Struktural pada Kanwil Kemenkumham Kaltim mengikuti kegiatan secara virtual di Aula Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Pada peringatan Hari HAM Se-Dunia ke-74 kali ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (K. H. Ma’ruf Amin) dan Menteri Hukum dan HAM (Yasonna H Laoly). mengawali kegiatan Menkumham (Yasonna H Laoly) menyampaikan sambutan dan arahan kepada seluruh peserta yang hadir, dalam sambutannya Menkumham menyampaikan bahwa dengan berbagai catatan dan tantangan yang saat ini masih kita hadapi bersama dalam penegakan HAM, Indonesia masih dapat meraih berbagai penghargaan, yang diantaranya yaitu apresiasi dari masyarakat Internasional dalam Sidang Universal Periodic Review di Jenewa, Swiss.” Pungkas Yasonna.

Menkumham juga menyampaikan bahwa kita semua patut berbangga, namun tidak lupa untuk selalu menegakkan Hak Asasi Manusia, karena menegakkan HAM merupakan suatu proses yang dilakukan secara terus-menerus.,

Komitmen inilah yang terus mendorong Kementerian Hukum dan HAM dalam mengambil peran utamanya melalui ragam kebijakan dan program seperti Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKP HAM), Indeks Pembangunan HAM, Pelayanan Publik Berbasis HAM dan PRISMA HAM,” Tegasnya.

Diakhir sambutanyaMenkumham (Yasonna H Laolyberharap agar segala capaian yang telah diraih dalam pemajuan HAM tetap dipertahankan dan menjadikan sebagai motivasi untuk menggapai sasaran yang lebih tinggi lagi dalam rangka pemenuhan HAM bagi seluruh masyarakat Indonesia., Tutupnya.

Sementara itu, dalam sambutanya Wakil Presiden Republik Indonesia (K. H. Ma’ruf Amin) menyampaikan bahwa Peringatan Hari HAM Sedunia merupakan momen reflektif bagi seluruh negara dan bangsa dalam menghormati dan Memajukan Hak Asasi Manusia secara universal.,

“Hak Asasi Manusia sejatinya tumbuh bersama dengan keadaban suatu bangsa, oleh karena itu kita harus menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia dan menjunjung tinggi peradaban. Saya berharap pemerintah dapat mendorong dilaksanakannya upaya pemulihan yang bertanggung jawab, baik secara hukum, sosial, lingkungan, serta tetap mengedepankan nilai-nilai HAM.” Jelas Ma’ruf Amin

Diakhir sambutanya, Wakil Presiden Republik Indonesia (K. H. Ma’ruf Amin) mengucapkan  apresiasi kepada Lembaga Negara dan Pemerintah Daerah yang meraih penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM, Pemerintah Daerah yang Melaksanakan Pelayanan Publik Berbasis HAM, dan Instansi Responsif dalam Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM.,

“Mari jadikan peringatan Hari HAM Sedunia sebagai momen untuk meneguhkan pemajuan HAM bagi setiap orang menuju Indonesia Maju.” Sebutnya.

Kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota  yang terus berkomitmen mewujudkan Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk setiap orang, yang dimplementasikan melalui kebijakan dan program Hak Asasi Manusia.

Sementara itu, Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur berhasil meraih berbagai penghargaan yaitu sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM yang diraih oleh Kota Balikpapan, Kota Tarakan, Kabupaten Paser dan Kabupaten Bulungan serta penghargaan sebagai Pelayanan Publik Berbasis HAM di Tingkat Pemerintah Daerah, yang diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. (Red.Humas Kumham Kaltimtara / SPR)

1ASASAS1ASASAS1ASASAS1ASASAS1ASASAS1ASASAS1ASASAS1ASASAS1ASASAS1ASASAS1ASASAS

WhatsApp Image 2022 12 12 at 21.23.51

Skip to content