Sambut Hari HAM ke-74, Ditjen HAM & Stakeholder dalam Pokja P5HAM PDM Gelar Peluncuran Draft Peta Jalan

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Dalam rangka perayaan hari disabilitas internasional dan Hari Hak Asasi Manusia ke-74, Direktorat Jenderal HAM dan para pemangku kepentingan yang tergabung di dalam Pokja P5HAM bagi Penyandang Disabilitas Mental (Pokja P5HAM PDM) menggelar peluncuran draft peta jalan, Senin (5/12). Hotel Le Meridien Jakarta menjadi saksi peluncuran peta jalan Pokja P5HAM PDM ini.

Hadir secara daring, WamenkumHAM Eddy Hiariej, membuka sekaligus menyampaikan keynote speech pada acara kali ini. Dalam pidatonya, Eddy menyatakan pemerintah RI memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan HAM di tanah air, termasuk bagi PDM.

“Konstitusi Indonesia benar-benar menjamin bahwa setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan kesempatan dan manfaat yang sama dalam kehidupannya, tidak terkecuali penyandang disabilitas mental,” kata Eddy.

Lebih lanjut, Eddy mengungkapkan KemenkumHAM telah memberikan perhatian khusus bagi PDM di Indonesia selama tiga tahun ke belakang.

“Perubahan yang terjadi memang belum terlihat besar namun kita semua yang hadir disini sepakat bahwa kita sedang berjalan menuju penghormatan, pelindungan, pemenuhan,penegakan dan pemajuan hak asasi manusia bagi penyandang disabilitas mental secara progresif,” ucapnya dengan penuh rasa optimis.

WamenkumHAM menyatakan kesiapan KemenkumHAM untuk terus menjadi pelopor dalam mendorong kesetaraan HAM di tanah air.

Hari ini, dalam rangkaian peringatan hari Hak Asasi Manusia yang ke-74, kita sama-sama menjadi saksi dari rencana strategis yang disajikan dalam bentuk peta jalan, sebagai upaya untuk menaikkan harkat dan martabat penyandang disabilitas mental dalam kehidupan mereka,” pungkasnya.

Selain pidato kunci sejumlah pejabat pemerintah juga turut menyampaikan sambutan pada acara peluncuran peta jalan ini di antaranya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala KSP, Wakil Dubes Australia untum RI, dan Plt. Direktur Jenderal HAM.

Acara peluncuran peta jalan Pokja P5HAM bagi PDM ini juga disaksikan secara daring oleh Kanwil KemenkumHAM di seluruh Indonesia. Panitia juga turut mengundang sejumlah narasumber pada kesempatan kali ini di antaranya Direktur Instrumen HAM, Ketua Perhimpunan Jiwa Sehat, dan Direktur Advokasi dan Jaringan PSHK.

Perlu diketahui, Pokja P5HAM bagi PDM telah dibentuk setahun silam. Pokja ini terlahir dengan tujuan untuk mengupayakan agar PDM dapat hidup mandiri secara inklusif di masyarakat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Pokja telah melakukan kunjungan ke sejumlah panti penyandang disabilitas mental di sejumlah provinsi. (Humas DJHAM)

Skip to content