POLDA Jawa Tengah Gandeng Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Tengah Untuk Lakukan Sosialisasi HAM

Bagikan

Semarang, ham.go.id – Kanwil Jateng yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Lista Widyastuti selaku Kepala Bidang Hak Asasi Manusia menerima kunjungan koordinasi Kepala Urusan HAM Sub Bidang Bantuan Hukum dan Bidang Hukum Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Tengah, Hermin Julijanti beserta jajaran di Ruangan Yudhistira, Rabu (30/11).

“Maksud kedatangan kami adalah untuk membangun sinergi antara Polda Jateng dengan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah. Khususnya terkait sosialisasi HAM kepada anggota kepolisian di Jajaran Polda Jateng”, buka Hermin.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan hasil dari kunjungan tim Polda Jateng ke Lapas dan Rutan di Wilayah Jawa Tengah khususnya Lapas dan Rutan yang ada warga binaan dari anggota kepolisian. Hermin mengapresiasi kinerja penjagaan dan pelayanan pada Lapas dan Rutan yang telah dikunjungi.

“Kami dari Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jateng pada prinsipnya sangat mengapresiasi sinergitas yang dilakukan oleh Polda Jateng dalam rangka meningkatkan kerja sama khususnya dalam memberikan pemahaman HAM bagi jajaran kepolisian Jawa Tengah. Tentunya dalam melaksanakan tugas penegakan dan perlindungan hukum pada masyarakat, aparat penegak hukum dapat dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman HAM agar dalam melaksanakan tugas tidak ada keraguan dalam mengambil tindakan. Kami pastinya akan mendukung secara penuh rencana kegiatan Sosialisasi HAM kepada anggota kepolisian di jajaran Polda Jateng”, pungkas Lista.

Sosialisasi diharapkan akan dijadwalkan pada awal 2023 dengan sasaran anggota Polres pada jajaran Polda Jawa Tengah. Polda Jateng nantinya akan menggandeng Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Selanjutnya sebagai awal untuk keberjalanan acara, Polda Jateng dan Kanwil Kemenkumham akan melakukan rapat lebih lanjut mengenai jadwal dan tempat kegiatan sosialisasi HAM.

“Kegiatan ini diharapkan akan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada anggota kepolisian di jajaran Polda Jateng mengenai pentingnya HAM, sehingga pelanggaran-pelanggaran HAM dapat ditekan bahkan tidak akan terjadi”, tutup Hermin.

 

Skip to content