Jelang Hari HAM 2022, Kemenkumham RI Gelar Pekan Layanan Keimigrasian Ramah HAM

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Setiap tanggal 10 Desember masyarakat dunia memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia. Sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia yang ke-74, Kemenkumham RI menggelar Pekan Layanan Keimigrasian Ramah HAM yang dibuka langsung oleh Plt. Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi pada Senin, (28/11/2022).

“Pada tahun 2022, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memperingati Hari HAM Sedunia ke-74 sebagai momentum bangsa dan negara untuk memenuhi mandat dalam UUD 1945 yaitu Penghormatan, Penegakan, Pemenuhan, Perlindungan dan Pemajuan HAM,” tutur Mualimin.

“Salah satu bentuk penyelenggaraan negara yang berprinsip pada demokrasi adalah melalui pelayanan publik yang memuat dan mengutamakan nilai-nilai hak asasi manusia yang patut dikedepankan dan menjadi salah satu standar pemenuhan kewajiban hak asasi manusia oleh aparatur pemerintah,” jelas Mualimin.

“Hak asasi manusia adalah pekerjaan yang terus menerus perlu dilakukan. Kemenkumham RI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang non-diskriminasi dan berkeadilan, tanpa memandang status sosial ataupun latar belakang dari masyarakat,” tegas Mualimin. Setelah acara pembukaan, Dirjen HAM meninjau layanan prioritas yang disediakan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan seperti layanan bagi lansia, difabel, anak, dan wanita.

Kick-off Pekan Layanan Keimigrasian Ramah HAM digelar secara simbolis di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI, Jakarta Selatan, serta diikuti secara serentak oleh seluruh kantor imigrasi Kemenkumham RI se-Indonesia. Acara turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DKI, Ibnu Chuldun, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Sri Kurniati Handayani Pane, Direktur Instrumen HAM, Betni Humiras Purba, Direktur Izin Tinggal Keimigrasian, Pramella Yunidar Pasaribu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI, Felucia Sengky Ratna, serta pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. (Humas Ditjen HAM)

Skip to content