Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pelaporan Aksi HAM Periode B12 Tahun 2022 Provinsi Jawa Tengah

Bagikan

Semarang, ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah yang diwakili oleh Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi, Mugiyono dan Analis Pelindungan Hak-Hak Sipil Dan Hak Asasi Manusia, Septian Asriwanto, hadiri rapat Koordinasi Aksi HAM Periode B12 Tahun 2022 Pemerintah Daerah, yang diselenggarakan oleh Biro Hukum, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, di Ruang Rapat Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah Gedung A Lantai V, Selasa (15/11).

Rapat dibuka oleh Sub Koordinator Sengketa Hukum dan HAM, Adigana Pranandita. Mengtakan “tujuan rapat kali ini untuk menyusun persiapan pelaporan aksi HAM B12 provinsi jateng agar pada periode B12 tahun ini mendapat hasil maksimal”. Ujarnya.

Adigana juga menyampaikan “kesulitan dalam memenuhi aksi serta meminta adanya himbauan dari pusat untuk memberikan sosialisasi kepada kabupaten atau kota, kemudian Ia juga meminta bantuan dari Bappeda agar dapat melakukan pemetaan terkait aksi HAM untuk di tahun 2023.”pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Asriwanto mengatakan “hasil yang kurang maksimal di periode sebelumnya dapat diperbaiki pada periode berikutnya, dalam Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021 – 2025 (RANHAM generasi ke V) ini pelaporan Aksi HAM ada tiga periode (B04, B08, B12) penilaian terdiri dari administrasi dan substansi.”ujarnya.

Turut hadir SW. Setyo Rini dan Wreda Cahya Wardani selaku perwakilan dari Disdikbud Provinsi Jateng, Devi Herawati selaku perwakilan dari Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jateng, dan Sepfito Bayu selalu perwakilan dari Bappeda Provinsi Jateng, serta Adigana dari Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah dalam rapat koordinasi ini. Acara dilanjutkan dengan mencermati tiap indikator aksi ham periode B12 agar pelaporan berikutnya mendapatkan hasil yang maksimal.

Terakhir rapat koordinasi ini ditutup dengan saran yang disampaikan kepada OPD terkait agar laporan aksi HAM B12 dapat terkumpul sebelum diinput ke aplikasi tanggal 28 November- 5 Desemver 2022 agar jika ada laporan yang kurang dapat diperbaiki sebelum di tutup aplikasinya.

Skip to content