Gelar Koordinasi Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM di Provinsi Papua, Tim Yankomas Wilayah III Bertolak ke Jayapura

Bagikan

Jayapura, ham.go.id – Dalam rangka koordinasi penanganan dugaan pelanggaran HAM di Provinsi Papua, Tim Yankomas Wilayah III bertolak ke Jayapura pada Selasa (1/11). Setibanya di Kanwil Kemenkumham Papua, Tim Yankomas Wilayah III diterima langsung oleh Kepala Divisi Imigrasi beserta Tim Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Papua dan langsung dilakukan koordinasi terkait agenda kegiatan kolaboratif Tim Yankomas Wilayah III bersama Kanwil Kemenkumham Papua khususnya Tim Bidang HAM.

Setelah melakukan koordinasi, Tim Yankomas Wilayah III bersama Tim Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Papua langsung menuju Skouw untuk meninjau Pos Lintas Batas yang merupakan wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Papua, dilanjutkan dengan kunjungan monitoring dan bimbingan teknis pelaksanaan Pos Yankomas di Kanim Kelas I TPI Jayapura.

 

Kegiatan dilanjutkan pada hari Rabu (2/11) dengan pelaksanaan kegiatan utama yakni Rapat Koordinasi Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM di Provinsi Papua. Rapat dihadiri oleh Kepala Divisi Imigrasi, Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Tim Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Papua, serta Tim Yankomas Wilayah III dari Kemenkumham.

Dari pihak instansi terkait, turut hadir perwakilan dari Kodam XVII/Cendrawasih, Kanwil Kementerian ATR/BPN Provinsi Papua, Kantor Pertanahan Kabupaten Jayapura, dan Balai Besar POM di Jayapura. Sedangkan dari pihak penyampai komunikasi, turut hadir perwakilan Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan. Agenda pembahasan dalam rapat koordinasi antara lain membahas tematik permasalahan pertanahan terkait sengketa tanah adat dan permasalahan pidana.

 

Selanjutnya pada Kamis (3/11) agenda Tim Yankomas Wilayah III diakhiri dengan kunjungan monitoring dan bimbingan teknis Pos Yankomas di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Jayapura.

Selain memberikan bimbingan teknis aplikasi Simasham kepada operator Pos Yankomas di Lapas Narkotika Kelas IIA Jayapura, Tim Yankomas Wilayah III juga sempat mengunjungi fasilitas-fasilitas di lingkungan Lapas meliputi dapur, tempat ibadah, tempat olahraga, hingga blok warga binaan pemasyarakatan.

 

Selanjutnya kegiatan diakhiri di Kanwil Kemenkumham Papua dengan bimbingan teknis akun admin aplikasi Simasham kepada Tim Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Papua, dan laporan kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Papua dan Kadiv Yankumham.

Skip to content