Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Fasilitasi Pendampingan dari Ditjen HAM Dalam Rangka Proyek Percontohan P2HAM UPTD Provinsi Jawa Tengah

Bagikan

Semarang, ham.go.id – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah melalui Bidang HAM fasilitasi pendampingan dari Ditjen HAM dalam rangka proyek percontohan P2HAM UPTD Provinsi Jawa Tengah secara virtual, di ruang rapat Yudhistira, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.(30/9)

Kegiatan di buka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Bambang Setyabudi di hadiri oleh Setda Provinsi Jawa Tengah, Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah; Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah; Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah; Direktorat Diseminasi dan Penguatan, Direktorat Jendral HAM, Kementerian Hukum dan HAM; Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus sebagai UPT Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutanya Bambang mengatakan “Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan tujuannya adalah untuk memberikan acuan, motivasi, dan pembangunan pelayanan publik berprinsip HAM yang dilakukan oleh UPTD dimaksud, sebagai Proyek Percontohan P2HAM dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM (P5HAM)”. ujarnya.

Kegiatan dipandu oleh moderator, Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti mengatakan “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Direktur Jenderal HAM melalui surat nomor: HA.03.07.01 tanggal 12 Januari 2022 perihal Pelaksanaan Proyek Percontohan P2HAM Tahun 2022 dan berdasarkan usulan Proyek Percontohan pada UPTD Provinsi Jawa Tengah, dan kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah sudah melakukan pendampingan secara langsung pada bulan Juni di Panti Pelayanan Sosial Disabiltas Sensorik Netra dan pada akhir bulan Agustus melakukan pendampingan pada Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Dan hari ini merupakan pendampingan lanjutan dengan mendengarkan arahan secara langsung dari Ibu Direktur Desiminasi dan Penguatan HAM, ujarnya.”

Kegiatan yang berlangsung khidmat ini dilanjutkan dengan pemaparan dari dua UPTD yang menjadi usulan proyek percontohan yaitu Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus, UPT Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah; Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Paparan pertama dari Kepala Panti Sundariwati dan dilanjutkan paparan dari Kepala Balai Kesehatan,Taufik Kurrachman. Kedua UPTD proyek percontohan tersebut memaparkan sarana dan prasarana yang termasuk dalam indikator P2HAM yang telah di susun hasil pendampingan dari Bidang HAM, Kanwil Kemenkumham Jateng.

Tidak lupa dalam kesempatan tersebut Direktur Diseminasi dan Penguatan, Sri Kurniati Handayani Pane dan Kasubdit Diseminasi dan Penguatan Wilayah II, Olivia Ayu Q. Memberikan penguatan dan arahan terkait dengan indikator P2HAM untuk proyek percontohan UPTD di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam arahanya Pane mengatakan “apresiasi yang sangat luar biasa untuk Kanwil dan UPTD percontohan serta jajaran pemprov Jawa Tengah yang sangat antusias untuk mensukseskan proyek percontohan P2HAM di UPTD yang ditunjuk sebagai proyek percontohan di Provinsi Jawa Tengah, semoga Jawa Tengah mendapat penghargaan sebagai UPTD proyek percontohan P2HAM terbaik yang akan di berikan pada hari HAM sedunia pada 10 Desember nanti”. Pungkasnya. (Kanwil Kemenkumham Jateng)

Skip to content