BIDANG HAM KANWIL KUMHAM JATENG LAKUKAN PENDAMPINGAN UPTD PERCONTOHAN P2HAM DI BAPELKES PROVINSI JATENG

Bagikan

GOMBONG, ham.go.id – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah diwakili oleh Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti dan Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Moh.Hawary Dahlan lakukan kunjungan Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Kampus I Gombong) Kebumen sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) percontohan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di auditorium bapelkes jateng, Senin (29/08).

Kunjungan Tim dari Bidang HAM disambut langsung oleh oleh Kepala Bapelkes Provinsi Jawa Tengah, Taufik Kurrachman, SKM,M.Kes dan Kepala Subbag TU, Retno Widyaningtyas, SKM,M.Kes.

Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai Bapelkes di tiga kampus, yang diikuti secara daring melalui zoom meeting oleh kampus Ungaran dan Wonosobo.

Kegiatan Pendampingan ini merupakan tindak lanjut dari usulan Sekda Provinsi Jawa Tengah tentang UPTD percontohan P2HAM yang mana Bapelkes Prov. Jateng sebagai salah satu UPTD terpilih.

Kepala Bapelkes Prov. Jateng, Taufik Kurrachman, dalam sambutannya menyampaikan “terima kasih dan selamat datang di bapelkes atas kunjungan bidang HAM kanwil jateng dan tim dalam pendampingan UPTD percontohan P2HAM. Merupakan suatu kehormatan bagi bapelkes menjadi pilot project dalam program P2HAM di daerah khususnya di Jateng.” Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Lista menyampaikan “terima kasih atas sambutan yang hangat dari kepala bapelkes dan jajaranya yang telah menerima dengan baik kunjungan kami terkait dengan pendampingan percontohan program P2HAM di Jateng.”ujarnya.

Lebih lanjut Lista mengatakan “Bahwa dalam memberikan layanan kepada masyarakat bukan saja terpenuhinya kepuasanan penerima layanan tetepi juga harus berpedoman pada hak asasi manusia, oleh karena itu ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan yaitu aksebilitas dan ketersediaan sarana dan prasarana, ketersediaan SDM atau petugas, kepatuhan petugas terhadap SOP, Inovasi Pelayanan Publik dan Integritas.” Pungkasnya.

Terakhir, Lista menyampaikan “Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memenuhi standar layanan pelayanan publik berbasis HAM, dengan memperhatikan indikator yang ditetapkan dan perlu dilakukan penenuhan sarana prasarana yang dapat  dipergunakan oleh Penerima pelayanan. Koordinasi dan komunikasi lebih intens dengan Kanwil agar kami dapat mendorong UPTD percontohan P2HAM di Prov. Jateng nanti bisa mendapatkan penghargaan P2HAM.” tutupnya.

Sebelum mengakhiri kegiatan, Tim Kanwil kemenkumham Jateng didampingi oleh Kepala Bapelkes Prov. Jateng dan kasubbag TU, Meninjau secara langsung Sarana dan Prasarana yang ada di Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Kampus I Gombong). (Kanwil Kemenkumham Jateng)

Skip to content