Optimalkan Capaian Aksi HAM Pemprov dan Kab/Kota, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Rapat Koordinasi Aksi HAM

Bagikan

Surabaya, ham.go.id – Dalam upaya mengoptimalkan capaian Aksi HAM Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pelaporan Aksi HAM Tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring dan luring pada hari Senin, 15 Agustus 2022. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dna HAM, Subianta Mandala didampingi oleh Kepala Bidang HAM.

Narasumber kegiatan dari Biro Hukum Setda Prov Jatim, Faishol Riza, yang menyampaikan tentang evaluasi pelaporan Aksi HAM serta dari Bappeda Prov Jatim, Djoko Margorahardjo, S.Sos yang menyampaikan tentang persiapan pelaporan Aksi HAM B08. Rapat Koordinasi dihadiri oleh perwakilan dari bagian hukum pemerintah kabupaten/kota serta diikuti secara daring dari Bappeda Kabupaten/Kota se-provinsi Jawa Timur yang menangani pelaporan Aksi HAM.

Kegiatan diawali sambutan dari Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang menyampaikan bahwasanya secara umum, pemerintah daerah (pemda) sebagai pelaksana utama RANHAM masih mengalami kendala (baik pada aspek administratif maupun substantif), sehingga menyebabkan partisipasi pemerintah daerah dalam melaksanakan RANHAM masih belum memuaskan. Subianta berharap dengan adanya rapat koordinasi dapat menampung seluruh kendala dalam pelaporan Aksi HAM ini guna mengevaluasi hasil capaian Aksi HAM B04 serta mengoptimalkan persiapan pelaporan B08 agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Pelaksanaan kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan koordinasi dengan perangkat daerah dalam pelaksanaan dan penyusunan pelaporan Aksi HAM, melakukan monitoring dan evaluasi pelaporan seluruh Aksi HAM dan memantau serta memastikan laporan Aksi HAM Pemerintah Kabupaten Kota Tahun 2022. (Humas Kanwil Kemenkumham Jatim)

Skip to content