Kabid HAM Terima Kedatangan Koalisi Organisasi HIV, HAM Dan Keberagaman Ke Kanwil Kemenkumham Jabar

Bagikan

BANDUNG, ham.go.id – Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jabar, Hasbulllah Fudail, menerima rombongan koalisi beberapa komunitas HIV, HAM dan Keberagaman bertempat diruang Kapala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Jum’at, (24/06).

Kunjungan ini dimaksudkan untuk diskusi sekaligus silaturahmi dalam rangka mendapatkan pemahaman atas berbagai issu aktual berkaitan dengan HAM, HIV Aids, serta berbagai issu-issu persoalan kemasyarakatan.

Menurut Hasbulllah Fudail, Pemerintah saat ini membutuhkan kolaborasi dengan berbagai kalangan dan pemangku kepentingan untuk membantu pemecahan masalah masalah HAM dan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Kurangnya kesadaran masyarakat atas hukum dan HAM menjadi persoalan utama bangsa kita saat ini.

Kesadaran dan Ketaatan terhadap hukum dan HAM menjadi simbol kemajuan peradaban suatu bangsa. Contoh budaya masyarakat Indonesia khususnya di Jawa Barat dengan nilai nilai kebersihan masih sangat jauh dari tingkat peradaban manusia normal. Adanya berbagai jenis sampah yang memenuhi sungai sungai kecil yang membelah  kota Bandung  ditandai tumpukan sampah dan air berwarna hitam pekat serta berbau, menjadi pemandangan umum sehari hari.

Hasbullah juga menyampaikan kondisi penjara Lapas maupun Rutan di Jawa Barat saat ini, hampir semuanya over kapasitas dan setiap tahun penghuninya bertambah baik dari sisi jumlahnya maupun kualitas kejahatannya. Hal ini juga memberi sinyal bahwa tingkat kesadaran hukum kita masih lemah. Idealnya semakin maju peradaban suatu bangsa maka tingkat kebersihannya akan semakin baik. Selain itu orang yang melanggar hukum semakin berkurang. Sehingga Lapas dan Rutan penghuninya semakin berkurang.

240622 BidHAM 3

240622 BidHAM 3

(red/foto: Bid HAM, editor: Toh)

Skip to content