Ditjen HAM Akselerasi Penyusunan Indeks Pembangunan HAM Indonesia

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Dalam rangka mengakselerasi penyusunan Indeks Pembangunan Hak Asasi Manusia, Direktorat Instrumen, Ditjen HAM, menggelar rapat penyusunan dan pembahasan yang digelar pada Rabu, (27/4). Rapat yang dipimpin oleh Direktur Instrumen HAM, Betni Humiras Purba ini, dan di moderatori oleh koordinator Hak Ekonomi Sosial Budaya Direktorat Instrumen HAM, Farida W Ghifari yang menghadirkan perwakilan dari Lokataru Foundation.

“Rapat pada siang hari ini, merupakan rapat lanjutan dalam rangka pembangunan Indeks HAM Indonesia, yaitu untuk membangun suatu instrumen pengukuran objektif untuk mengetahui perkembangan situasi P5HAM di Indonesia,” tutur Betni. Hasil rapat ini kemudian akan digunakan sebagai menjadi landasan atau sumber data untuk melakukan analisis sekunder dan penyusunan kebijakan berbasis HAM di Indonesia.

Betni menjelaskan sebagaimana tertuang dalam Kepmenkumham tentang Peta Jalan Pembangunan Indeks HAM Indonesia, tahap pembangunan yang dilaksanakan di tahun 2022 ini yaitu proses penyusunan Rancangan Metadata Indikator Indeks HAM Indonesia. “Tahap tersebut akan meliputi penyusunan kerangka konseptual, mengidentifikasi indikator; dan merestrukturisasi indikator,” jelasnya.

Indeks Pembangunan Hak Asasi Manusia Indonesia nantinya diharapkan menjadi instrumen dalam mengukur arah pemajuan serta pembangunan HAM di Indonesia. (Humas DJHAM)

Skip to content