Bersama K/L Yang Tergabung dalam Pokja P5HAM PDM, Ditjen HAM Terjun Langsung Pantau Kondisi PDM di Panti Rehabilitasi Yogyakarta

Bagikan

Yogyakarta, ham.go.id – Pemerintah terus meningkatkan sinergi dalam upaya mendorong pemajuan HAM bagi penyandang disabilitas mental di tanah air. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah melakukan monitoring ke sejumlah panti-panti rehabilitasi mental.

Kali ini, bersama dengan sejumlah K/L yang tergabung dalam Pokja P5HAM PDM, Direktorat Jenderal HAM turut terjun langsung memantau kondisi PDM di panti-panti rehabilitasi di DI Yogyakarta. Koordinator Instrumen Hak Ekonomi Sosial dan Budaya, Farida W Ghifari dan Sub-Koordinator Penyiapan Hak Kelompok Rentan, Elisabeth Siahaan, hadir mewakili Direktorat Jenderal HAM dalam kunjungan lapangan yang digelar selama 3 hari (18-20 April 2022).

“Kegiatan ini penting untuk dilakukan sebagai upaya memastikan akses terhadap fasilitas kesehatan pada panti-panti rehabilitas benar-benar terpenuhi,” kata Farida kepada tim Humas Direktorat Jenderal HAM.

Dalam kunjungan tersebut, Pokja P5HAM PDM juga turut menggelar dialog dengan para pemangku kepentingan di Yogyakarta. Hadir sejumlah perwakilan dari instansi daerah di antaranya Polda DI Yogyakarta, Dinas Sosial, hingga jajaran Setda DI Yogyakarta.

Dalam upaya meningkatkan akses terhadap hak-hak bagi PDM di Yogyakarta, Farida menilai penting untuk membangun sinergi antara pengelola panti, para pemangku kepentingan dan termasuk pihak keluarga.

“Harapannya tentu agar para penghuni panti dapat mengakses layanan dasar sehingga nantinya mereka dapat kembali ke tengah keluarga dan dapat hidup secara layak di tengah masyarakat,” jelas Farida.

Dalam kunjungan tersebut, Pokja P5HAM PDM juga menegaskan kembali komitmen pemerintah dalam mendorong hak-hak PDM di panti-panti rehabilitasi. Dikabarkan bahwa kunjungan monitoring ke panti-panti rehabilitasi tidak hanya berhenti di Yogyakarta namun juga akan digelar di sejumlah daerah di tanah air. (Humas DJHAM/FW)

Skip to content