Sambut Ramadhan, Direktorat Jenderal HAM Gelar “Munggahan”

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1443 H., Direktorat Jenderal HAM kembali menggelar tradisi “munggahan”, Kamis (31/1). Pada acara “munggahan” tahun ini, Direktorat Jenderal mengambil tema “Tata Nilai PASTI Diimplementasikan dalam Bulan Suci Ramadhan Membentuk Pribadi yang Bertaqwa.

Sekretaris Direktorat Jenderal HAM, Bambang Iriana, membuka acara munggahan yang digelar di ruang utama pagi ini. Sejumlah pegawai hadir secara langsung mewakili masing-masing Direktorat. Sementara para pegawai yang tidak hadir di ruang rapat utama secara langsung mengikuti kegiatan secara daring.

Dalam sambutannya, Sekretaris Direktorat Jenderal HAM mengucapkan selamat menjalankan ibadah shaum bagi para pegawai yang beragama islam pada bulan ramadhan nan suci tahun ini. Ia berharap pada bulan suci para pegawai dapat menjalani ibadah shaum dengan lancar dan penuh kesungguhan.

Kendati demikian, Bambang juga mengingatkan agar para pegawai tidak menjadikan shaum sebagai alasan untuk menurunkan produktivitas dalam mengerjakan tugas-tugas kantor.

“Puasa hendaknya jangan sampai menghambat tugas dan fungsi kita selaku ASN. kita mesti dapat menunjukan bahwa dalam kondisi apapun kita dapat memberikan kinerja dengan sangat baik,” ujar Bambang.

“Sekali lagi, sebelum memulai shaum ramadhan 1443 H. mewakili Bapak Dirjen HAM beserta para pimti di Direktorat Jenderal HAM, kami menyampaikan mohon maaf lahir dan batin karena kami sebagai insan tidak luput dari kesalahan,” pungkas Bambang.

Bagian Kepegawaian Direktorat Jenderal HAM selaku panitia acara munggahan juga menggelar acara ceramah agama atau tausiyah. Pada kesempatan kali ini, panitia menghadirkan K.H. Ahmad Mufti Hamdani sebagai penceramah.

Selepas acara munggahan, para pegawai saling bersalaman dalam rangka saling maaf memaafkan menjelang bulan suci ramadhan.

Menurut Koordinator Bagian Kepegawaian, Ratih Eka Savitri acara “munggahan” ini merupakan tradisi yang penting untuk terus dilanggengkan.

“Acara munggahan ini juga merupakan bagian dari upaya peningkatan wawasan dan mental ASN Direktorat Jenderal HAM untuk membentuk pribadi yang kian bertaqwa,” kata Ratih.

Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan 1443. Mohon maaf lahir batin. (Humas DJHAM)

Skip to content