Ditjen HAM Gelar Media Gathering Hari HAM Ke-73 Tahun 2021

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini tidak menyurutkan upaya pemerintah dalam pemajuan HAM. Demikian diutarakan Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi, pada acara media gathering dalam rangka menyambut peringatan hari HAM Se-dunia ke-73, Senin (6/12).

Melalui KemenkumHAM, pemerintah berkomitmen bahwa tanggung jawab HAM tetap berjalan dengan baik. Komitmen tersebut diejawantahkan ke dalam sejumlah program- program yang telah berjalan pada tahun ini seperti Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), Kabupaten Kota Peduli HAM (KKPHAM), dan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM).

Sebagai informasi, pada tahun 2021, terdapat tidak kurang dari 928 pengaduan duggaan pelanggaran HAM yang KemenkumHAM terima dari masyarakat. “Kondisi ini memotivasi kami memperluas dan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan layanan pengaduan,” ujar Direktur Jenderal HAM.

Terakhir, Direktur Jenderal HAM mengungkapkan pada tahun ini komunitas internasional telah memilih “EQUALITY : Reducing Inequlities, Advancing Human Rights” sebagai tema hari HAM se-dunia ke-73. KemenkumHAM berencana akan memeriahkan hari HAM se-dunia yang jatuh setiap tanggal 10 Desember. Puncak perayaan hari HAM di tanah air akan digelar di Graha pengayoman pada Jumat 10 Desember 2021. “Kami mengundang rekan-rekan media untuk berpartisipasi dalam peringatan hari HAM se- dunia ke-73 pada jumat nanti di Graha Pengayoman,” pungkasnya. (Humas DJHAM)

Skip to content