Klarifikasi Dirjen HAM Atas Posisi Kemenkumham dalam Penanganan dan Pemulihan Korban Peristiwa Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – KemenkumHAM telah bekerja secara maksimal dalam melakukan penanganan dan pemulihan baik bagi korban maupun keluarga korban peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang bulan September silam. Demikian diutarakan Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi di hadapan awak media pada acara konferensi Pers terkait penanganan pasca peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, di Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat (1/11).

“KemenkumHAM telah memberikan hal-hal terbaik yang dapat kami berikan kepada baik kepada korban maupun keluarga korban,” ucap Mualimin. Kendati demikian, diakui Mualimin masih terdapat adanya suara ketidakpuasan di sejumlah kalangan atas apa yang telah dikerjakan oleh KemenkumHAM. “Untuk itu, kami juga membuka sebesar mungkin kepada keluarga korban jika dalam pelaksanaan penanganan dan pemulihan masih ada yang dirasa kurang puas. Sekali lagi, ini agar sesuai arahan pak MenkumHAM yaitu zero complain,” jelas Direktur Jenderal HAM.

Dalam Konferensi di Komnas HAM kali ini, turut hadir Kakanwil KemenkumHAM Banten Agus Toyib didampingi Kadiv Pemasyarakatan Kanwil KemenkumHAM Banten. Sejalan dengan apa yang disampaikan Direktur Jenderal HAM, Agus Toyib jajarannya telah memberikan yang terbaik dalam menangani peristiwa di Lapas Kelas I Tangerang September silam.

Lebih lanjut, Agus menepis dugaan miring yang muncul di media sosial terkait pemulihan bagi keluarga korban. Khususnya, dalam hal ini terkait dengan uang kerahiman. “Tidak benar bahwa ada potongan (uang kerahiman) yang kami berikan bagi keluarga korban,” ucap Agus Toyib.

Sebelum digelar konferensi pers, Direktur Jenderal HAM dan Kakanwil KemenkumHAM Banten bersama dengan Wakil Ketua Komnas HAM Choirul Anam menyelenggarakan rapat. Kedua belah pihak membahas penanganan dan pemulihan bagi korban beserta keluarga korban. Choirul Anam mengungkapkan pihaknya menerima pengaduan dari sejumlah keluarga korban terkait penanganan yang dilakukan KemenkumHAM. Kakanwil KemenkumHAM juga memberikan klarifikasi terhadap beberapa isu miring yang beredar di media sosial.

Wakil Ketua Komnas HAM mengapresiasi terlaksananya pertemuan sore ini antara KemenkumHAM dan Komnas HAM. Menurutnya, hal ini merupakan itikad baik yang patut dicontoh sebagai bentuk koordinasi yang antara pemerintah dan komnas HAM. “Sejatinya, konferensi pers ini akan dilaksanakan pada jumat kemarin, namun karena satu dan lain hal dapat terselenggara hari ini. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Pak Dirjen HAM dan Pak Kakanwil,” kata Choirul Anam. (Humas DJHAM)

Skip to content