Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Soroti Pelayanan Berbasis HAM di Rutan Salatiga

Bagikan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA – Rutan Kelas IIB Salatiga menerima monitoring dan kunjungan kerja Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Jawa Tengah, Selasa (28/09).

Bambang Setyabudi selaku Kadiv Yankum mengatakan bahwa Rutan Salatiga ini menjadi salah satu satuan kerja yang telah banyak berproses dalam pemenuhan layanan publik berbasis HAM.

Walaupun secara kasat mata, bangunan Rutan Salatiga ini sangat kecil. Tetapi saat ini pembenahan kualitas layanan di Rutan Salatiga bisa dirasakan secara nyata oleh warga binaan,  keluarga warga binaan dan masyarakat.

Rutan Salatiga saat ini sudah disulap sedemikian rupa sehingga tidak menyerupai lapas atau rutan yang seram.

“Bisa dilihat dari depan, kalau orang awam yang tidak tahu, ini pasti kantor biasa. Padahal didalam ada ratusan orang yang sedang menjalani pidana,” ujarnya.

Dalam monitoring Kadiv Yankum juga menyoroti terkait dengan pemenuhan nilai survei Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Anti Korupsi.

Sampai dengan saat ini Rutan Salatiga mendapat Nilai 97,94 dan indeks anti korupsi didapat nilai 98,10.

Sehingga dengan nilai yang sangat bagus tersebut, menjadi perhatian agar dipertahankan dalam memberikan layanan prima dan tidak ada pungli.

Ke depan Bambang berharap kualitas pelayanan dan sarana prasarana tetap dijaga.

Apalagi saat ini juga Rutan sedang berproses dalam pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari korupsi dan pemenuhan pelayanan publik berbasis HAM.

Sementara itu Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengungkapkan, walaupun dengan bangunan yang kecil dan sarpras terbatas, tetapi kami selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga binaan dan masyarakat.

“Seperti saat ini sudah tersedianya Ruang Pelayanan terpadu, dan memanfaat ruang kecil didepan menjadi tempat bermain anak, ruang laktasi dan mushola serta penyediaan sarana lainnya bagi pengunjung disabilitas,” ujarnya.

Andri menambahkan, dalam proses pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan pemenuhan layanan berbasis HAM ini, Jajaran Rutan Salatiga, selalu all out untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi warga binaan maupun masyarakat pengguna layanan. (*TribunJateng.com)

(Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Soroti Pelayanan Berbasis HAM di Rutan Salatiga, https://jateng.tribunnews.com/2021/09/29/kadiv-pelayanan-hukum-dan-ham-soroti-pelayanan-berbasis-ham-dirutan-salatiga. Penulis: hermawan Endra | Editor: moh anhar)

 

Skip to content