Tindak Lanjuti Proyek Percontohan P2HAM, Ditjen HAM Kunjungi UPTD di Pemprov Jabar

Bagikan

Bekasi, ham.go.id – Sebagai bentuk tindaklanjut kerja sama proyek percontohan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) , Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengundang Direktorat Jenderal HAM untuk mengunjungi dua UPTD di Jawa Barat, Kamis (9/9). Pemprov Jabar memilih Terminal Tipe B Cikarang di Bekasi dan Terminal Tipe B Ciledug di Kabupaten Cirebon untuk sebagai UPTD Percontohan P2HAM.

Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Sri Kurniati Handayani Pane, hadir ke dua Terminal di kedua kabupaten tersebut. Didampingi Kasubdit Diseminasi dan Penguatan HAM Wilayah I, Sri Kurniati memantau kondisi sarana dan prasarana yang tersedia di kedua UPTD.

Pada kesempatan ini, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM turut berdialog dengan para pejabat terkait yang hadir di terminal Cikarang. Sri Kurniati menjelaskan pentingnya menerapkan prinsip-prinsip HAM di dalam pelayanan publik.

“Karena itu, KemenkumHAM menginisiasi kerja sama dengan Pemprov Jabar dalam mengembangkan pelayanan publik berbasis HAM di UPTD. Kami yakin dengan komitmen yang baik Terminal Tipe B Cikarang ini mampu menjadi role model P2HAM di Jawa Barat, ” kata Sri Kurniati.

Kabid Transportasi Darat Pemprov Jabar, Iskandar Kadir, menyambut baik kerjasama yang dijalin antara Pemprov Jabar dan Direktorat Jenderal HAM. “Kami akan berusaha untuk memenuhi indikator-indikator yang ada di dalam Pelayanan Publik Berbasis HAM, karena benar sebagaimana disampaikan oleh Ibu Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, pelayanan publik sudah seyogyanya mengimplementasikan prinsip ataupun nilai-nilai HAM,” terang Iskandar.

Tidak lupa, selepas melakukan dialog dengan pejabat terkait Sri Kurniati juga turut menyempatkan diri beramah tamah dengan masyarakat yang berada di Terminal. Sri Kurniati meyakini dengan mengimplementasikan P2HAM, masyarakat akan lebih menikmati pelayanan publik dengan lebih baik.

Selepas kunjungan di Bekasi, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM beranjak melanjutkan kegiatan kunjungan ke Terminal Tipe B Cirebon.

Dalam kunjungan ke dua terminal ini tim dari Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM didampingi oleh sejumlah pejabat dari Inspektorat Pemprov Jabar, Biro Pemerintahan dan Kerja Sama, Biro Hukum dan Hak Asasi Manusia, Biro Organisasi Pemprov Jabar serta Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jabar.

Direncanakan esok hari, Sri Kurniati beserta jajaran akan melanjutkan kegiatan di Jawa Barat yaitu menggelar diskusi terkait penguatan P2HAM bersama sejumlah pejabat Pemprov Jabar di Kantor UPTD PPPLAJ Wilayah IV, Cirebon. (Humas DJHAM)

Skip to content