Direktorat Kerja Sama HAM Gelar Bimtek Pelaksanaan Aksi HAM Daerah di Provinsi Riau

Bagikan

Pekanbaru, ham.go.id – Perwakilan Direktorat Kerja Sama HAM Berkunjung ke Riau dalam rangka Bimtek Pelaksanaan Aksi HAM Daerah, Kamis (3/6). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Ismail Saleh Kanwil Kemenkumham Riau ini dibuka oleh Kakanwil, Pujo Harinto dan didampingi oleh Kadiv Yankum HAM, Siti Cholistyaningsih.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham Riau berpesan agar keberhasilan dalam pelaksanaan RANHAM pada tahun 2020 dapat kembali dilaksanakan pada tahun 2021. “Capaian Pelaksanaan Aksi HAM daerah yang menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten/Kota akan diintegrasikan dengan capaian Aksi HAM yang menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi, di Kementerian dan Lembaga sebagai capaian nasional untuk selanjutnya dilaporkan kepada Presiden,” kata Pujo.

Kasubdit KDN dan RANHAM Wil. I, Ruth Masrshinta menjadi narasumber dan menyampaikan mengenai persiapan RANHAM dan Aksi HAM 20201. “RANHAM di tahun ini masuk kedalam salah satu Prioritas Nasional. Meskipun Perpres belum ditandatangani, namun dalam pelaporan awal tidak terlalu sulit karena dilakukan dengan pemetaan”, terang Ruth. Selain itu, dijelaskan juga mengenai format pelaporan Aksi HAM yang terbaru.

Peserta dalam bimtek ini merupakan perwakilan Biro Hukum Provinsi Riau, Bagian Hukum Kab/Kota, serta Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi dan Kab/Kota di Riau. (Waw)

Skip to content