Dirjen HAM Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa pagi (1/6). Hadir secara dari ruang rapatnya, Direktur Jenderal HAM mengenakan pakaian adat khas betawi.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara langsung digelar di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini. Tampak, Presiden hadir secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya Pancasila sebagai pondasi dalam revolusi industri 4.0 yang tengah terjadi di seluruh dunia. Di zaman industri 4.0, menurut Presiden, masyarakat memiliki berbagai kemudahan dalam berjalan dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara, maka interaksi juga akan semakin mudah dan cepat.

Presiden juga menghimbau agar rakyat Indonesia bisa bersatu padu melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju dengan pemanfaatan teknologi yang baik.

“Menghadapi semua ini, perlu perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila, tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, harus dengan cara-cara baru yang luar biasa memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. Sekaligus Pancasila harus menjadi prioritas dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.” tuturnya.

Dapat disampaikan, Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini mengusung tema “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”. (Humas DJHAM)

Skip to content